Pemprov Dorong Program Menuju Riau Cerdas

id pemprov dorong, program menuju, riau cerdas

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Program Menuju Riau Cerdas terus didorong oleh Pemerintah Provinsi setempat dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang melahirkan generasi muda berprestasi, terampil, handal serta berkarakter.

"Bagi yang telah berprestasi, jangan berhenti sampai disitu. Harus bisa menjawab tantangan yang lebih besar lagi kedepan, meningkatkan kapasitas dan eksistensi di kesempatan yang lain. Sedangkan yang belum ayo dikejar," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru.

Dikatakannya, kunci keberhasilan suatu negara terletak pada kualitas pendidikannya. Dari mutu pendidikan yang bagus akan lahir pemimpin yang hebat, pekerja yang handal serta masyarakat yang cerdas. "Pendidikan yang paling fundamental untuk terus ditingkatkan. Dengan menghasilkan lulusan terbaik dapat memberikan pelayanan terbaik pula kepada masyarakat," sebutnya.

Pihaknya memiliki perhatian yang besar terhadap dunia pendidikan dan perkembangan teknologi, Andi Rachman pernah berpesan dihadapan adik-adik mahasiswa Politeknik Caltex Riau agar teknologi yang diciptakan mahasiswa tidak terlepas penerapannya untuk masyarakat luas.

Selain itu, hal yang mendasar selalu ditanamkan orang nomor satu di Riau itu, adalah bagaimana mengedepankan profesionalisme dan sportifitas sebagai tolak ukur untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berjiwa kompetisi sehat di tengah era persaingan global.

Program Riau cerdas yang dipromotori oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau pada 2017 mendatang memiliki tujuan agar anak-anak putus sekolah mendapat akses yang sama untuk mengenyam pendidikan.

"Konsep program Riau Cerdas difokuskan kepada anak-anak yang kurang mampu, untuk meminimalisir angka putus sekolah," ungkap Kepala Disdik Riau Kamsol.

Riau Cerdas merupakan beasiswa yang diberikan bagi siswa kurang mampu, namun punya kemauan sekolah tinggi serta memiliki potensi akademik atau bidang lainnya. "Untuk menampung anak-anak yang punya potensi, kemauan tinggi untuk menyambung sekolah tetapi tidak punya biaya itulah yang kita minimalisir," sebutnya.

Dia mengatakan anak-anak yang mendapat beasiswa program ini akan didata oleh Disdik Riau bekoordinasi dengan Disdik Kabupaten/Kota. "Kalau tidak tertampung di sekolah negeri, akan disalurkan ke sekolah swasta, diberikan subsidi yang bernama bantuan untuk siswa Program Riau Cerdas," kata Kamsol.

Perhatian besar dari Pemerintah Provinsi Riau memprioritaskan pendidikan, kata Kamsol, karena investasi SDM berkualitas sangat crucial dalam memajukan suatu daerah.

Dalam upaya peningkatan pelayanan pendidikan berbagai cara terus dilakukan Pemprov setempat, mulai dengan memberikan beasiswa kepada siswa, guru hingga dosen berprestasi agar sistem pendidikan terus bergerak kearah yang lebih maju. (ADV)