Nurdin Halid Nyatakan Sudah Kantongi Nama Calon Wagub Riau

id nurdin halid, nyatakan sudah, kantongi nama, calon wagub riau

Nurdin Halid Nyatakan Sudah Kantongi Nama Calon Wagub Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya menyatakan sudah menerima dua nama calon Wakil Gubernur Riau, yang posisinya kosong selama dua tahun terakhir.

"Wagub Riau sedang kita proses. Dewan Pimpinan Daerah Golkar Riau sudah mengirimkan ke DPP dua nama," kata Ketua Harian DPP Partai Golkar, Nurdin Halid usai menghadiri pelantikan Ketua DPRD Riau di Pekanbaru, Senin.

Ditanyakan siapa saja kedua nama itu, dia enggan menjawabnya. Dia menyarankan agar menanyakan itu langsung ke Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golkar Riau yang juga Gubernur Riau, Arsyadjuliandi (Andi) Rachman.

"Kalau siapa namanya tanya ke Pak Andi," jawabnya.

Meski begitu, dia mengatakan proses untuk menentukan siapa satu nama yang akan ditunjuk, kata dia saat ini sedang dirapatkan DPP. Sesuai mekanisme, lanjut dia, nanti DPP yang akan memutuskan dalam waktu dekat.

"Insya Allah Minggu depan akan segera diturunkan," ucapnya.

Dikatakannya bahwa posisi Wakil Gubernur Riau sangat penting untuk segera diisi. Hal itu terkait masih kompleksnya persoalan pembangunan sosial kemasyarakatan yang ada sehingga gubernur sangat membutuhkan wakil.

Untuk diketahui Golkar merupakan pemenang Pemilihan Kepala Daerah Riau pada 2013 lalu sebagai pengusung tunggal. Pada saat itu menang pasangan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman.

Namun pada September 2014 Annas Maamun tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Arsyadjuliandi Rachman kemudian menjadi Plt Gubernur Riau hingga akhirnya dilantik definitif pada Mei 2016 lalu. Namun hingga saat ini belum ditunjuk siapa yang akan menjadi Wakil Gubernur Riau.

Sementara itu dari DPRD Riau juga telah membentuk panitia khusus tentang tata tertib pemilihan wagub, tapi belum membentuk panitia pemilihan. Ketua Pansus tatib pemilihan wagub DPRD Riau, Aherson mengatakan pembentukan pansel wagub tergantung pada pimpinan DPRD Riau, sedangkan tugas pansus sebagai pansus tatib pemilihan terbatas hanya menyusun tata cara pemilihan dalam tatib dewan dan tugas pansus sudah selesai.

"Dalam pansel nanti bakal terdiri 11 anggota dari perwakilan masing-masing fraksi di DPRD. Kemudian juga ditambahkan tiga unsur pimpinan dewan," ujarnya.