Belasan Penyandang Disabilitas Pekanbaru Terima Pelatihan Kerajian Dari Dinsos

id belasan penyandang, disabilitas pekanbaru, terima pelatihan, kerajian dari dinsos

Belasan Penyandang Disabilitas Pekanbaru Terima Pelatihan Kerajian Dari Dinsos

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru memberikan pelatihan keterampilam gratis bagi sekitar 15 disabilitas di wilayah setempat, guna meningkatkan perekonomiannya.

"Ini anggaran Provinsi Riau, kami dapat bantuan," kata Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Pekanbaru Chairani di Pekanbaru, Senin.

Chairani menjelaskan saat ini ada sekitar 15 disabilitas dewasa yang dilatih berbagai kerajinan tangan seperti membuat bros, tempat tisu, bunga dan anyaman lainnya.

"Mereka dilatih selama dua bulan," terang Chairani.

Pelatihan kerajinan ini sebut dia program pertama kali di Pekanbaru, dengan mengandalkan dana bantuan dari provinsi. Karena memang selama ini ada keterbatsan dana di Pemerintah Kota (Pemko).

Menurut dia, pelatihan ini diberikan bagi disabilitas yang berasal dari keluarga kurang mampu di Pekanbaru.

Tujuannya untuk membuat mereka mandiri dari segi keterampilan dan keahlian yang pada akhirnya diharapkan mampu menghasilkan karya bernilai ekonomi.

"Ini bimbingan mental, tujuannya agar disabilitas mandiri dan percaya diri," katanya lagi.

Ia juga berharap agar masyarakat peduli terhadap disabilitas, dilingkungannya dengan memberikan perlakuan yang sama dalam sosial dan status.

Karena sebut Chairani jika semua pihak, keluarga dan lingkungan mendukung kaum disabilitas, maka akan mampu dan berpotensi menghasilkan karya.

Diharapkan dari pelatihan ini akan muncul karya kerajinan dan kreatifitas baru bernilai ekonomi.

"Nanti karya mereka akan kami coba pasarkan," kata dia lagi.

Selanjutnya ia menambahkan jika karya disabilitas ini ada yang bagus dan diminati pasar maka terus dibina dan kembangkan sehingga mampu mandiri dan memberikan penghasilan yang bagus.

"Kalau ada yang bagus akan dibina terus dan akan dicarikan bapak asuh agar perekonomian mereka membaik," tegasnya.