Chef Aiko Terkesan Dengan Olahan Kuliner Sagu Riau

id chef aiko, terkesan dengan, olahan kuliner, sagu riau

Chef Aiko Terkesan Dengan Olahan Kuliner Sagu Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Selebriti koki Aiko Sarwosri Isra, atau yang lebih dikenal dengan "Chef Aiko" mengaku terkesan dengan berbagai kuliner berbahan dasar sagu dalam pameran kuliner "Sagu Riau Menyapa Dunia", yang telah memecahkan rekor MURI.

"Kalau ditanya mengenai rasanya, mereka sudah sangat ahli. Saya tidak mengira Riau sudah sangat maju dalam wisata kuliner," kata Chef Aiko, yang berperawakan sipit itu kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Chef Aiko yang juga berprofesi sebagai presenter TV tersebut menilai, cita rasa yang dihadirkan oleh Bumi Melayu untuk mengangkat pangan lokal sangat kental dengan budaya Riau itu sendiri.

"Kalau dahulu orang ingin bekunjung ke Riau hanya dalam urusan bisnis. Tetapi tidak lagi sekarang, pariwisatanya sudah lebih maju termasuk wisata kuliner," katanya.

Kehadiran Chef berparas cantik ini dalam pameran Sagu Riau Menyapa Dunia memberikan euforia tersendiri bagi masyarakat "Bumi Lancang Kuning". Selain memberikan penilaian terhadap cita rasa dengan beberapa masukan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah, dirinya juga rela menerima ajakan swafoto bersama ratusan orang di tengah terik matahari.

"Masukan saya lebih kepada pengemasan kepada pelaku usaha kuliner," tutur Aiko.

Dalam rangkaian kegiatan itu, sebanyak 369 olahan sagu Provinsi Riau pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penganan berbahan dasar sagu terbanyak.

Senior Manager Rakor MURI, Awan Rahargo memberikan penghargaan MURI langsung kepada Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai kawasan penghasil sagu unggulan serta Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) yang diajak bekerjasama dalam Pergelaran Sagu Riau Menyapa Dunia di depan Kantor Gubernur, Kota Pekanbaru, Selasa.

"MURI mencatat ini sebagai karya yang luarbiasa kategori kuliner, produk pangan lokal diangkat dan divertifikasi ke dalam berbagai varian olahan," kata Awan Rahargo.

Dia mengatakan, Bumi Melayu itu telah memecahkan rekor terbanyak melampaui dari yang pernah diperoleh Kabupaten Buru, di Provinsi Maluku dengan 308 jenis varian berbahan dasar sagu. Selain itu, Awan tidak mengira Riau merupakan salah-satu penghasil sagu terbesar di Indonesia, karena selama ini potensi sagu sebagian besar di kenal di kawasan timur.

Oleh: Diana Syafni