Wako: Dalam Satu Tahun, Pekanbaru Bangun Empat Rumah Sakit

id wako dalam, satu tahun, pekanbaru bangun, empat rumah sakit

Wako: Dalam Satu Tahun, Pekanbaru Bangun Empat Rumah Sakit

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak empat rumah sakit swasta telah dibangun di Kota Pekanbaru dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini, guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Semua jenis Rumah Sakit swasta yang dibangun tipe C," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Selasa.

Firdaus menilai investasi dibidang kesehatan di Pekanbaru menjadi incaran investor. Pasalnya, Ibu Kota Provinsi Riau tersebut berbatasan langsung dengan negara jiran Malaysia dan Singapura, yang selama ini justru menjadi tujuan warga Riau berobat.

Saat arus masyarakat yang akan periksa kesehatan sangat tinggi, maka keinginan berobat ke luar negeri tersebut bisa menjadi peluang bagi Pekanbaru.

"RS Mitra Medika Sumutindo yang terletak di Jalan Badak Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya ini yang ke-empat didirikan tahun ini," terang Firdaus.

Menurut Firdaus dari empat RS yang dibangun, tiga diantaranya sudah selesai dan beroperasi.

Seperti RS. Awal Bros di jalan HR. Subrantas, RS. Aulia. Di jalan Tuanku Tambusai dan RS. Prima.

Selain itu sambung Firdaus, Pemko Pekanbaru juga membangun rumah sakit umum daerah tipe C, di jalan Garuda Sakti. Ini merupakan rujukan dari seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Bukan hanya RS, Pemko juga membangun Puskesmas baru di wilayah pinggiran.

"Saat ini kita sedang membangun tiga unit puskesmas baru yang terdapat di Kecamatan Tenayan, Bukitraya, dan Pekanbaru Kota." Ungkapnya.

"Ini merupakan sarana dan prasarana bagi kita dalam membangun kesehatan masyarakat," katanya menambahkan.

Walau diakuinya RS adalah cara pelayanan tingkat akhir dalam kesehatan, karena masih ada pencegahan diawalnya.

"Upaya pencegahan atau promotif harus tetap jadi prioritas," tegasnya.

Pendekatan secara edukasi (promotif) sangat baik dibanding penyembuhan, karena masyarakat diajak menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan menjaga pola hidup sehat.

"Meski secara kuratif kita tetap memberikan pelayanan di rumah sakit dan klinik." katanya menambahkan.

Dijumpai pada tempat yang sama Direktur Pengembangan Sekaligus Pendiri PT. Mitra Medika Sumutindo, Sara Bintang Saragih mengucapkan terima kasih yang luar biasa kepada Walikota Pekanbaru atas kepercayaannya dalam memberikan ijin prinsip, dan dapat berkontribusi kepada Kecamatan Tenayan Raya untuk membangun infrastruktur rumah sakit sebagai sarana sosial dan sarana kesehatan bagi warga Pekanbaru menyambut Universal Covarage dari program pemerintah menuju 2019.

"Insya Allah di awal tahun 2018 rumah sakit ini sudah bisa beroperasional dan bisa dipergunakan oleh masyarakat kecamatan Tenayan Raya dan sekitarnya," katanya menambahkan.

Timan Yahya tokoh masyarakat Kampung Badak Kecamatan Tenayan Raya, juga menambahkan terima kasih kepada Pak Wali yang sudah memperhatikan serta membangun Kampung Badak.

"Kami tidak perlu jauh lagi kalau mau berobat," katanya singkat.