Tingkatkan Minat Baca Warga, BPUAD Bengkalis Gelar Pameran Perpustakan

id tingkatkan minat, baca warga, bpuad bengkalis, gelar pameran perpustakan

Tingkatkan Minat Baca Warga, BPUAD Bengkalis Gelar Pameran Perpustakan

Bengkalis (Antarariau.com)- Badan Perpustakaan Umum, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menggelar pameran perpustakaan dan arsip, guna menumbuhkembangkan minat baca masyarakat Kabupaten Bengkalis.

"Tidak ada kata terlambat untu membaca, mari kita pasang niat mulai saat ini untuk gemar membaca, yang tidak hanya sebagai hobi tetapi menjadi kebutuhan sehari-hari", kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin saat peresmian pameran,"Selasa.

Ia mengatakan, saat ini gemar membaca di kalangan generasi muda perlahan-lahan memudar.

"Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi kita semua, untuk membuat terobosan dan inovasi terbaik," katanya.

Untuk itu, lanjutnya lagi, perpustakaan ditekankan untuk membuat terobosan agar perpustakaan menarik untuk dikunjungi.

"Misalnya dengan menyediakan buku-buku yang bagus dan terkini, termasuk buku-buku tentang kearifan lokal dan budaya masyarakat, bukan hanya terbatas pada buku pengetahuan, tetapi termasuk buku-buku best seller, buku-buku budaya, serta buku-buku yang sangat dibutuhkan oleh generasi muda dan masyarakat umum," katanya.

Selain itu, lanjutnya lagi, agar perpustakaan tidak hanya tempat penyimpanan buku semata, pihak pengelola ditekankan untuk harus mampu menerapkan pustaka berbasis ilmu dan teknologi.

Peresmian pameran yang setiap tahunnya taja oleh BPUAD tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara, dan pameran ini juga diikuti 19 stand pameran, diantaranya, penerbit buku nasional, perpustakaan UPTD, Perguruan Tinggi, perpustakaan khusus Badan Penelitian dan Pengembangan Bengkalis, perpustakaan SMA dan SMP sederajat serta perpustakaan desa. (ADV)