Menteri Puspayoga: Tingkatkan Kualitas Untuk Bersaing Dengan Kuliner Asing

id menteri puspayoga, tingkatkan kualitas, untuk bersaing, dengan kuliner asing

Menteri Puspayoga: Tingkatkan Kualitas Untuk Bersaing Dengan Kuliner Asing

Pekanbaru (Antarariau.com) - Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, kuliner dalam negeri jangan takut bersaing, untuk itu harus meningkatkan kualitas.

"Walaupun ada serangan kuliner dari luar, tetapi kuliner kita tidak akan pernah kalah. Kuliner kita, harus siap bersaing," kata Puspayoga di Pekanbaru, Selasa.

Pernyataan itu dikeluarkan oleh menteri saat membuka rapat kerja nasional Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Ke-3 yang dihadiri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan pelaku usaha.

Menteri Puspayoga menekankan, industri kuliner dalam negeri harus bisa bersinergi dengan program yang dijalankan oleh pemerintah dengan terus meningkatkan kualitas baik terutama makanan.

Dewasa ini, katanya, ada empat program menjadi prioritas dijalankan oleh pemerintah yaitu infrastuktur terutama pembangunan jalan, lalu pariwisata, kemudian energi dan tol laut.

"Kalau ini sudah jalan, otomatis membutuhkan UKM (usaha kecil dan menengah). Di situ terdapat kuliner," terang dia.

"Jadi saya harapkan harus bersinergi dengan program pemerintah, karena saat ini pemerintah pusat terus mendorong destinasi wisata," jelas Puspayoga.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya berharap, diadakannya rapat kerja nasional APJI di provinsi tersebut, bisa membawa dapak positif bagi industri kuliner di Riau.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, dapat mendorong APJI Riau. Apalagi saat ini, Riau sedang menggalakkan sektor pariwisata berbasis budaya," ucap dia.

Ia mengakui, provinsi tersebut menjadi sasaran terutama kuliner dalam pemberlakuan masyarakat ekonomi ASEAN di awal tahun ini.

"Makanya, kita coba bentengi dengan penganan dari sagu. Jadi sagu kita harapkan bisa memperkuat kuliner di Provinsi Riau," ucap Andi, sapaan akrab gubernur.

Ketua Umum APJI, Ayu Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada Menteri Puspayoga dan para pejabat terkait karena bersedia menghadiri pembukaan acara itu.

Rapat kerja nasional kali ini mengambil tema "APJI Memperkuat Identitas Nasional Melalui Industri Pangan Lokal" yang dihadiri sekitar 250 peserta dari 23 cabang tingkat provinsi dan 27 daerah tingkat kabupaten/kota di Indonesia.

"Saya salut dengan gubernur Riau karena selalu mendukung program yang dilaksanakan oleh APJI. Saya berharap agar program APJI ke depan, betul-betul menyentuh pelaku UMKM," ucapnya.