Gandeng UIR, OJK Berikan Edukasi Jasa Keuangan Kepada Masyarakat

id gandeng uir, ojk berikan, edukasi jasa, keuangan kepada masyarakat

Gandeng UIR, OJK Berikan Edukasi Jasa Keuangan Kepada Masyarakat

Pekanbaru (Antarariau.com) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Universitas Islam Riau menandatangani nota kesepahaman atau MoU kerjasama terkait edukasi industri jasa keuangan kepada masyarakat.

"OJK merasa perlu melakukan kerjasama dengan para akademisi khususnya Fakultas Ekonomi UIR untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai sektor jasa kuangan," kata Kepala Kantor OJK Provinsi Riau Nurdin Subandi dalam sambutannya di Fekon UIR, Kota Pekanbaru, Rabu.

Dalam memberikan literasi dan pemahaman kepada masyarakat, kata Subandi, sesuai dengan tugas dan amanah yang terdapat dalam UU nomor 21 tahun 2011, mengenai kewenangan OJK untuk melakukan tindakan pencegahan kerugian konsumen dan masyarakat.

Sehingga dalam pelaksaannya, OJK merasa perlu menggandeng pihak universitas untuk mendorong pertukaran informasi dan publikasi di bidang penelitian industri jasa keuangan, pelaksanaan penelitian dalam batas kerahasiaan sesuai undang-undang.

"Ini merupakan bentuk kerjasama kita yang kedua dengan pihak Universitas, sebelumnya sudah ada MoU dengan Universitas Riau dengan melibatkan mahasiswa dalam penyampain edukasi seperti melalui program pengabdian kepada masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata ataupun kegiatan lainnya,"sebutnya.

"Kita upayakan seoptimal mungkin menggandeng pihak akademisi, dosen serta mahasiswa agar kegiatan edukasi ini bisa tercapai dan semakin banyak masyarakat Riau yang mengetahui terkait dengan industri keuangan, "sebut Subandi.

Sementara Rektor UIR Prof. Dr. H. Detri Karya MA, mengharapkan agar implementasi dari kerjasama dibidang edukasi sektor jasa keuangan itu berjalan lancar. Dia juga menyampaikan terimakasih kepada pihak OJK karena telah memberikan pemaparan materi kepada mahasiswa Fekon UIR.

"Sebelum memberikan edukasi kepada masyarakat. Mahasiswa harus paham dalu tentang pengeloaan keuangan yang benar, ketika selesai studi kemudian mendapat pekerjaan yang menghasilkan uang, disini lah pemaparan OJK tadi dapat diimplementasikan," kata Detri.

Detri berharap, kerjasama kedua belah pihak tidak hanya sampai disitu, namun dapat berkembang pada banyak kegiatan lainnya. "Kami akan mendorong dan mengapresiasi terjalinnya kerjasama ini," ujarnya.

Oleh: Diana Syafni