Gubri Imbau Semua Pihak Sukseskan Pilkada 2017

id gubri imbau, semua pihak, sukseskan pilkada 2017

Gubri Imbau Semua Pihak Sukseskan Pilkada 2017

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengharapkan Pilkada serentak pada 2017 Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar provinsi tersebut berjalan kondusif.

"Kita mengimbau agar semua pihak menjaga suasana kondusif di dua kawasan tersebut," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman usai Serah terima jabatan Kepala BPN Riau di Gedung Daerah, Kota Pekanbaru, Rabu.

Terkait pengamanan, Arsyadjuliandi, mengkoordinasikan dengan Kepolisian Daerah Riau agar Pilkada berlangsung aman.

"Tadi pagi saya sudah ikuti apel siaga yang dipimpin Pak Kapolda Riau. Terkait pengamanan Pilkada Kampar dan Pekanbaru ini, sehingga kita harapkan Pilkada berlangsung aman," katanya.

Arsyadjuliandi juga menanggapi adanya calon yang tidak lolos yakni pasangan Dastrayani Bibra- Said Usman Abdullah dari Pekanbaru serta pasangan Alfi-Asbin dari Kampar, menurut gubernur tentunya mereka bisa ajukan gugatan maupun keberatan melalui jalur yang resmi.

"Penegakan hukum harus bersikap netral. Sehingga proses demokrasi tetap lancar," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, empat pasangan calon pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Pekanbaru mengambil undian dan memperoleh nomor urut dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum setempat.

Hasilnya pada nomor urut 1 didapatkan pasangan calon dari jalur perseorangan yakni Syahril-Said Zohrin. Kemudian pada nomor urut 2 juga dari pasangan calon perseorangan yakni Herman Nazar-Defi Warman.

Kemudian nomor urut 3 didapatkan oleh pasangan petahana Kota Pekanbaru yakni Firdaus-Ayat Cahyadi yang diusung Partai Demokrat, Gerakan Indonesia Raya, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Lalu nomor urut terakhir yakni 4 diperoleh pasangan calon Ramli Walid-Irvan Herman yang diusung Partai Golongan Karya, Nasional Demokrat, Partai Amanat Nasional, dan Partai Kebangkitan Bangsa.