Agustus 2016, Tunggakan Premi BPJS Kesehatan Kelurahan Kulim Rp85,7 Juta

id agustus 2016, tunggakan premi, bpjs kesehatan, kelurahan kulim, rp857 juta

Agustus 2016, Tunggakan Premi BPJS Kesehatan Kelurahan Kulim Rp85,7 Juta

Pekanbaru (Antarariau.com) - BPJS Kesehatan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada Agutus 2016 mencatat tunggakan peserta mandiri JKN-KIS di Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya sebesar Rp85.788.685,- berasal dari 652 peserta.

"Peserta mandiri Kelurahan Kulim tercatat nomor 15 terendah dari 15 kelurahan yang menunggak di Kantor BPJS wilayah Kota Pekanbaru. Namun demikian tunggakan ini perlu diperkecil untuk perbaikan kualitas pelayanan kesehatan dan keberlangsungan program JKN-KIS BPJS Kesehatan tersebut,"kata Kepala Unit Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Pekanbaru, Erwin Fadillah di Pekanbaru, Rabu.

Besaran tunggakan tersebut terungkap saat sosialisasi tata cara pembayaran iuran BPJS kesehatan bagi peserta dan masyarakat dibuka Sekretaris Lurah Kulim, Bismi Hayati, diikuti 50 peserta berasal dari Ketua RT, RW, kader Posyandu dan masyarakat kelurahan tersebut.

Menurut Erwin, kegiatan sosialisasi pembayaran iuran dirangkaikan dengan kegiatan "road show" ke 15 Kelurahan yang memiliki tunggakan terbesar di wilayah kantor BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru tahun 2016 dan Kulim merupakan kunjungan kedelapan.

Ia mengatakan, BPJS Kesehatan akan melakukan validasi data selain itu akan menyerahkan daftar nama peserta yang menunggak serta jumlah tunggakan kepada Lurah yang selanjutnya menggugah warga mereka untuk taat membayar premi BPJS Kesehatan.

"Bantuan Lurah dan jajarannya diperlukan guna mempercepat jumalh tunggakan sehingga peserta tidak terbebani dengan denda karena menunggak dan saat memanfaatkan layanan berobat dan rawat justru menjadi lancara,"katanya pihaknya juga mensiagakan kader JKN-KIS yang bertugas menagih dari pindtu ke pintu rumah warga.

Selain itu, katanya, BPJS Kesehatan membuka peluang bagi warga setempat untuk mchannel-chanel pembayaran iuran (PPOB) dengan prosedur yang sangat mudah dibuka.

"Syarat pembukaan PPOB cukup gampang, mengisi lembaran form isian data pribadi, satu unit laptop, ada jaringan internet dan membuka deposit Rp200.000. Keuntungan yang diperoleh dari jasa PPOB adalah sebesar Rp2500/ satu kali transaksi. Jika terkendala BPJS Kesehatan bisa memfasilitasi pemilik PPOB," katanya.

Pada kantor BPJS Kesehatan tercatat sebanyak 909 saluran dalam kerjasama PPOB adalah bank sebagai aggregator di antaranya Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, berikutnya channel modern seperti indomaret, alfamart, POS Indoensia, on line shop di toko pedia.

Bagi peserta mandiri yang belum mengerti tentang pembayaran maka bisa memnghubung nomor 0823 8468 2016 untuk hot line pengaduan unit keuangan iuran BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekanbaru dan pengaduan umum pusat pada nomor 1500 400.