Edward Sanger Resmi Menjabat Plt Wako Pekanbaru

id edward, sanger resmi, menjabat plt, wako pekanbaru

 Edward Sanger Resmi Menjabat Plt Wako Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melantik Edward Sanger, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pekanbaru, menggantikan Firdaus - Ayat Cahyadi yang maju pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) 2017.

"Pelaksana tugas walikota Pekanbaru ditetapkan oleh surat Menteri Dalam Negeri no.kpts.131.14-9971 tanggal 24 Oktober 2016," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi rachman di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Andi sapaan akrab awak media pelaksana tugas ditetapkan guna menghindari kekosongan pimpinan dan stagnasi penyelenggaraan kepemimpinan daerah Kota Pekanbaru selama masa Pilwako 2017.

Ia menyebutkan ada lima tugas penting yang harus dilakukan oleh Plt walikota selama menjabat.

"Pertama memimpin pelaksanaan pemerintahan daerah, memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara dan larangan penggunaan aset pemerintah dalam pemilihan serentak, mendatangani perda tentang APBD 2017 dan SOTK baru kelima melakukan penggantian pejabat setelah mendapat persetujuan Mendagri," terang Andi.

Dijumpai pada tempat yang sama Plt Wali Kota Pekanbaru Edward Sanger mengatakan pada tahap awal kerjanya akan fokus mensukseskan pelaksanaan Pilwako 2017.

"Yang jelas di depan kita ada pilkada kami sukseskan itu dulu kita jaga netralitas ASN," kata Edward Sanger. Ia menerangkan dalam menjaga netralitas ASN pihaknya akan memberikan arahan kepada ASN agar tidak berpihak kepada siapapun.

"Ada aturan surat Mendagri jelas siapa ASN yang terlibat itu jelas sanksinya," tegasnya lagi.

Pantauan antara dilapangan pelantikan berlangsung tertib dan aman, semua unsur Forkopinda Pekanbaru hadir, DPRD Provinsi dan Pekanbaru serta seluruh Kepala badan, Dinas dan SKPD Pekanbaru, Camat dan Lurah Pekanbaru ikut hadir.

Tidak ketinggalan Walikota Pekanbaru dan Wakil yang akan masuk masa cuti kampanye Firdaus - Ayat Cahyadi hadir. Tampak juga mantan walikota Herman Abdullah.