Pansus Perempuan DPRD Riau Sambangi BP3AKB Jakarta

id pansus perempuan, dprd riau, sambangi bp3akb jakarta

Pansus Perempuan DPRD Riau Sambangi BP3AKB Jakarta

Pekanbaru (Antarariau.com) - Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah tentang Perlindungan Hak Perempuan dari Tindak Kekerasan di DPRD Riau, melakukan kunjungan kerja ke Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Anak dan Keluarga Berencana DKI Jakarta untuk mempelajari Ruang Terbuka Hijau dan Ramah Anak (RTHRA).

"Kunjungan kerja kita kali ini untuk menambah data kita dalam melengkapi Raperda yang tengah kita susun. Pemerintah DKI ternyata sudah menyiapkan ruang terbuka hijau dan ramah anak di semua kelurahan yang ada," kata Ketua Pansus, Ade Hartati Rahmat dihubungi dari Pekanbaru, Jumat.

Politisi PAN ini mengatakan bahwa dalam RTHRA itu sudah ada berbagai cara disiapkan untuk mencegah kekerasan perempuan dan anak. Olrh karena itu segala hal dari kunjungan tersrbut akan menjadi data tambahan baginya.

"Dalam waktu dekat akan kita koordinasikan dengan instansi terkait, karena bagaimanapun, persoalan perempuan dan anak tidak bisa diabaikan," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari data yang diterima pihaknya saat ini jumlah tindak kekerasan perempuan dan anak di Riau mencapai 229 kasus. Jumlah ini tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di Riau.

"Kita tidak ingin, kedepannya masih terjadi tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Riau. Raperda ini nantinya akan mengatur semua terkait perempuan dan anak, termasuk sanksi berat yang dijatuhkan kepada pelaku," tutur Anggota Komisi E DPRD Riau ini.

Terkait pansus dikatakannya berkemungkinan judul raperda yang dipimpinnya akan diubah. Perubahan dilakukan karena dalam judul tidak mencantumkan untuk anak dan keluarga berencana.

"Soal judul, kita rencanakan untuk mengubahnya, karena judul yang kita tidak mencantumkan anak dan keluarga berencana, hanya soal perempuan saja," sebutnya.

Diketuai Ade Hartati Rahmat, Wakil Ketua dijabat Supriati dari Fraksi Golkar. Nama-nama pansus diantaranya dari Fraksi Golkar Sumiyanti, Nuraini, dan Sulastri. Dari PDIP Almainis, Soniwati, dan Rusli Ahmad.

Kemudian dari Fraksi Demokrat yakni Nasril, Eddy M Yatim, dan Magdalisni. Kemudian Fraksi Getindra Sejahtera ada Adriyan, Siswaja Muljadi, dan Mira Roza. Dari Fraksi PAN Bagus Santoso dan Fraksi PKB Rosfian dan Firdaus. Sedangkan Fraksi PPP mengutus Tengku Nazlah Khairati dan terakhir dari Fraksi Nasdem-Hanura Farida M. Saad.