Pemko Dumai Bentuk Tim Optimalisasi PAD Sektor Kepelabuhan

id pemko dumai, bentuk tim, optimalisasi pad, sektor kepelabuhan

Pemko Dumai Bentuk Tim Optimalisasi PAD Sektor Kepelabuhan

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Wali Kota Dumai Zulkifli As melalui Pemerintah Kota Dumai membentuk tim optimalisasi pendapatan asli daerah untuk menggali potensi baru sektor kepelabuhanan untuk keuangan daerah dengan penyiapan produk hukum sebagai legalitas.

"Langkah awal tim menyusun produk hukum agar rencana kita menarik dana swasta ini ada legalitas sesuai potensi baru yang akan dikelola," kata Sekretaris Tim PAD Dumai Ahmad Joni Marzainur, di Dumai.

Ia menyebutkan, penyiapan aturan daerah ini mengoptimalkan rencana pemerintah menggali potensi baru kepelabuhanan yang bisa digarap untuk kepentingan keuangan daerah.

Menurut dia, dibentuknya tim PAD karena potensi kepelabuhanan sejauh ini kurang digali maksimal untuk kepentingan pemasukan keuangan, sehingga kepala daerah menggagas agar ada keseriusan semua pihak terkait.

Sektor kepelabuhanan yang akan digarap bertumpu pada perusahaan swasta pelaku ekspor minyak kelapa sawit beroperasi di pinggir pantai Dumai karena setiap tahun berkontribusi triliunan rupiah untuk keuangan negara.

"Selain berupaya menarik dana swasta, tim juga akan berupaya mendorong perusahaan agar membantu program kemitraan dengan masyarakat sekitar dan membuka kesempatan bekerja," ucapnya.

Disamping itu, kinerja Tim PAD Dumai ditargetkan juga agar bisa memaksimalkan peran perusahaan di tengah lingkungan masyarakat diluar alokasi dana sosial kemasyarakatan yang sudah dianggarkan pengusaha.

Tim PAD beranggotakan unsur pemerintah dan asosiasi di sektor kepelabuhanan ini juga akan segera sosialisasi dan pengenalan ke 18 perusahaan yang ada agar pembentukan dan tujuan dapat diketahui bersama.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Dumai Said Mustafa menyebutkan, pemerintah mulai melirik potensi kepelabuhanan untuk mengoptimalkan penerimaan keuangan daerah dengan membentuk tim optimalisasi PAD.

Pembentukan tim optimalisasi PAD ini merupakan intruksi dari kepala daerah agar instansi terkait saling bersinergi dan bekerjasama dalam mencari potensi baru sumber penerimaan keuangan daerah di sektor pelabuhan.

"Sektor kepelabuhanan potensial digali untuk sumber penerimaan daerah, karena itu pemerintah membentuk tim optimalisasi PAD agar segera menyusun rencana dan program kerja," kata Said belum lama ini.

Dijelaskan, tim yang dibentuk ini diharapkan agar mampu bekerja keras dan maksimal melakukan langkah tepat dan cepat untuk mengali semua potensi PAD di sektor kepelabuhanan.

(Infotorial/Pemko Dumai)