Tingkatkan Kualitas Perumahan, Pemko Dumai Fokus Garap KOTAKU

id tingkatkan kualitas, perumahan pemko, dumai fokus, garap kotaku

Tingkatkan Kualitas Perumahan, Pemko Dumai Fokus Garap KOTAKU

Dumai, Riau (Antarariau.com)- Pemerintah Kota Dumai siap mewujudkan pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan dan pemukiman kumuh secara tuntas, salah satu melalui program kota tanpa kumuh (Kotaku) yaitu bentuk sosialisasi di tengah masyarakat.

Asisten III Pemkot Dumai Mustafa Kadir mengatakan, penangangan kawasan kota kumuh di daerah ini ditargetkan tuntas pada 2019, dan semua pihak diharap bersedia untuk bekerjasama menata kualitas kawasan permukiman jadi lebih baik.

"Mewujudkan pemukiman layak huni, produktif dan berkelanjutan serta memenuhi target sangat ditentukan oleh kontribusi dan peran serta pemerintah, masyarakat dan sektor terkait lain," kata Mustafa, Kamis.

Dia berharap, kontribusi semua pihak menghasilkan berbagai strategi dan peran aktif dalam penanganan kawasan kumuh di Kota Dumai.

Sementara, Kepala Badan Perencana Pembagunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai Marjoko Santoso menyebut, kotaku bertujuan agar rencana untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat tentang program kota tanpa kumuh di Kota Dumai.

Program Kotaku merupakan upaya pemerintah meningkatkan akses infrastruktur dan pelayanan dasar di pemukiman perkotaan guna mendukung terwujud permukiman perkotaan layak huni, produktif dan berkelanjutan.

"Upaya pemerintah melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan dan pemukiman kumuh ini sejalan dengan program pusat dan provinsi, dan Dumai ditargetkan pada 2019 jadi kota nol persen tanpa kumuh," sebut Marjoko.

Wali Kota Dumai Zulkifli As juga sangat mendukung program Kotaku tersebut karena diharap persoalan perumahan dan pemukiman kumuh dapat teratasi di beberapa wilayah daerah ini.

"Diharap semua pihak bekerjasama membangun agar Dumai menjadi lebih baik dan terbebas dari kawasan kumuh," harap dia.

(infotorial/Pemko Dumai)