Wako Dumai: Bandara Pinang Kampai Akan Dikelola Pihak Pertamina

id wako dumai, bandara pinang, kampai akan, dikelola pihak pertamina

Wako Dumai: Bandara Pinang Kampai Akan Dikelola Pihak Pertamina

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Wali Kota Dumai Zulkifli As mengatakan bahwa PT Pertamina akan mengelola penuh Bandara Pinang Kampai dan berencana melakukan perluasan untuk kepentingan pelayanan transportasi udara di daerah itu.

Diketahui dalam beberapa tahun terakhir ini pengelolaan aset bandara ditangani Pemerintah Kota Dumai dengan sistem hak pakai dari Pertamina, namun untuk melakukan pengembangan terkendala peraturan.

"Kita bersyukur akhirnya Pertamina akan mengelola kembali bandara dan asetnya, karena mereka belum ingin melepaskan kepemilikan," kata Zulkifli kepada pers saat meresmikan rute baru penerbangan komersil di Bandara Pinang Kampai, Kamis.

Dikatakan, kepastian informasi perusahaan minyak bumi dan gas negara itu mengambil alih pengelolaan dan kepemilikan bandara dari pemerintah daerah diperoleh sekitar Oktober 2016.

Pertamina juga berharap dukungan untuk melakukan perluasan fasilitas dan sarana publik di bandara dengan meminta desain perencanaan yang telah dibuat pemerintah daerah setempat.

"Desain perencanaan fisik pengembangan bandara yang kita susun sudah diberikan karena Pertamina serius untuk melakukan peningkatan fasilitas dan sarana penunjang transportasi udara tersebut," ucap kepala daerah.

Disebutkan, alasan Pertamina belum bersedia melepaskan hak kepemilikan bandara ini karena tetap pada kebijakan bukan untuk kepentingan bisnis penerbangan umum.

Dia berharap pengelolaan bandara oleh Pertamina kedepan tetap melayani kepentingan transportasi udara masyarakat umum dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan membantu kebutuhan pelaku usaha.

"Ketika bandara masih kita kelola, untuk pengembangan terkendala tidak dibenarkan aturan menerima suntikan dana dari pusat, provinsi dan daerah karena berstatus milik perusahaan negara," terang dia.

Sebelum itu, Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin menilai keberadaan bandara melayani penerbangan umum dianggap sangat penting untuk mendukung aktivitas pemerintahan, masyarakat dan pelaku usaha swasta.

Sehingga kebutuhan fasilitas dan sarana publik ditiingkatkan di bandara sangat mendesak untuk dilakukan agar memudahkan transportasi udara dan mendukung minat investasi masuk ke Dumai.

"Keberadaan bandara sangat prospek di Dumai karena diketahui perusahaan industri dan pelaku bisnis butuh sarana transportasi penunjang aktivitas," sebut Sekretaris PAN Riau ini belum lama.

(infotorial/Pemko Dumai)