Sekda Dumai Prediksi APBD 2017 Akan Mengalami Penurunan

id sekda dumai, prediksi apbd, 2017 akan, mengalami penurunan

Sekda Dumai Prediksi APBD 2017 Akan Mengalami Penurunan

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Kota Dumai Said Mustafa prediksi anggaran pendapatan dan belanja daerah pada 2017 nanti bakal turun jadi Rp1,045 triliun karena beberapa potensi penerimaan tidak mencapai target ditetapkan.

Prediksi penurunan jumlah anggaran 2017 yang kini masih dalam penyusunan draft untuk dibahas ini, lanjut dia, diantaranya karena berpotensi terjadi pengurangan dana perimbangan sebesar Rp44 miliar bersumber dari keuangan pusat.

"Rancangan APBD 2017 masih proses penyusunan draft dan kemungkinan terjadi penurunan lagi dari dana perimbangan sebesar Rp44 miliar, sedangkan anggaran 2016 total Rp1,196 triliun" kata Said kepada pers, Jumat.

Dijelaskan, tim anggaran pemerintah daerah saat ini terus menggesa penyusunan draft RAPBD 2017 agar secepatnya dibahas dan tepat waktu sehingga tidak menerima konsekuensi kehilangan hak keuangan daerah.

Terkait pembahasan RAPBD 2017, Pemerintah Kota Dumai akan mengacu pada susunan organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru disahkan, tapi masih menunggu verifikasi dari Pemerintah Provinsi Riau.

"Kita optimis bisa mengejar target pembahasan anggaran 2017 karena peraturan daerah tentang organisasi perangkat daerah masih diverifikasi gubernur," ucapnya.

Ditambahkan, Pemerintah Kota Dumai bersama DPRD setempat juga telah menyelesaikan pembahasan APBD Perubahan 2016 dengan total belanja Rp1,196 triliun, atau naik dibanding anggaran murni tahun sama.

Karena anggaran perubahan sudah bisa dipakai, diminta semua satuan kerja perangkat daerah setempat untuk tidak menunda pelaksanaan program kerja agar target tercapai jelang akhir tahun.

Sedangkan memasuki November ini, realisasi penyerapan keuangan daerah sudah mencapai sekitar 70 persen, namun untuk perkembangan kegiatan pembangunan fisik belum mendapat laporan dari instansi terkait.

Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo juga menegaskan agar penyerapan anggaran jelang akhir tahun dimaksimalkan, terutama kegiatan pembangunan fisik mengingat waktu singkat dan kondisi cuaca penghujan saat ini.

"Pegawai itu sudah disumpah agar mengabdi, karena itu harus bekerja maksimal menjalankan program kerja pembangunan sesuai perencanaan dan ketentuan berlaku," kata Ketua Partai Demokrat Dumai ini.

(infotorial/Pemko Dumai)