Sektor CPO Bisa Jadi PAD Baru Dumai

id sektor cpo, bisa jadi, pad baru dumai

Sektor CPO Bisa Jadi PAD Baru Dumai

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Tim Pemburu Pendapatan Asli Daerah Kota Dumai, Provinsi Riau melirik aktivitas ekspor minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil --cpo) beserta produk turunannya, dinilai optimis berpotensi sebagai sumber baru penerimaan keuangan daerah.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Bambang Sumantri di Dumai, Selasa mengatakan, dari kegiatan ekspor minyak sawit berpotensi sebagai sumber pendapatan dari subsektor kepelabuhan.

"Tim masih membahasnya, agar tidak berbenturan dengan kewenangan pemerintah pusat maupun provinsi," katanya.

Ia menjelaskan, tim masih menyusun rencana dalam melirik potensi pendapatan baru ini, dan harus dipastikan tidak terbentur dengan kewenangan pusat dan provinsi.

Dikatakan, Tim Pemburu Pendapatan Asli Daerah terdiri unsur pemerintah, masyarakat, akademisi dan swasta, dibentuk kepala daerah setempat untuk mencari potensi baru yang dapat dijadikan sumber pemasukan daerah.

Sebab sejauh ini, potensi keuangan yang ada di sektor kepelabuhanan kurang tergarap maksimal oleh pemerintah dan minim kontribusi untuk pendapatan daerah.

"Pemerintah targetkan tim ini mencari peluang baru untuk pemasukan keuangan di sektor kepelabuhan agar bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah," kata Bambang.

Tim ini, kata Bambang juga akan mengkaji aspek hukum potensi baru sumber pendapatan daerah yang akan dilirik tersebut, sebagai legalitas dan acuan dalam pelaksanaan penarikan dana swasta agar tidak melanggar ketentuan yang sudah ada.

Disamping itu, tim tidak saja mencari peluang baru di pelabuhan, tapi juga bisa menangkap potensi lain di wilayah darat, misal aktivitas angkutan barang dan sumber potensial lain yang dinilai punya prospek untuk digarap bersama.

Sekretaris Daerah Kota Dumai, Said Mustafa pernah menyebutkan pemerintah melirik potensi kepelabuhanan untuk optimalkan penerimaan keuangan daerah dengan tim agar instansi terkait saling bersinergi dan bekerjasama.

"Diharapkan agar mampu bekerja keras dan maksimal melakukan langkah tepat dan cepat untuk menggali semua potensi pendapatan asli daerah di sektor kepelabuhanan," kata Said.

(Infotorial/Pemko Dumai)