DPRD Kuansing Imbau Pemda Berikan Perhatian Lebih Untuk Urusan Irigasi

id dprd kuansing, imbau pemda, berikan perhatian, lebih untuk, urusan irigasi

DPRD Kuansing Imbau Pemda Berikan Perhatian Lebih Untuk Urusan Irigasi

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau meminta pemerintah daerah setempat meningkatkan kinerja dalam upaya pembersihan selokan, irigasi agar air dapat mengalir secara maksimal.

" Saya mengimbau, karena disaat musim hujan banyak lokasi tergenang air hingga mengakibatkan banjir," kata Ketua Komisi C DRPD Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Nurbai, Sabtu.

Ia mengatakan, selain itu semua masarakat juga dihimbau untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat dan khususnya disaluran irigasi karena dapat mengakibatkan air meluap hingga memasuki jalan dan pemukiman penduduk.

Pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air ( BSMDA ) serta Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan ( DPKP ) setempat beperan aktip membersihkan saluran, terutama di jalan - jalan utama kota Teluk Kuantan yang rawan banjir.

" Saat ini sedang dalam musim banjir," sebutnya.

Menurunya, akibat saluran yang tidak lancar membuat air melimpah hingga ke ruas jalan dan pemukiman warga sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman baik bagi pengendara maupun pemilik rumah.

" Bagaimana air tergenang di depan komplek pekuburan China, depan wisma Hasanah, kantor Pos dan Giro, Kantor Camat Kuantan Tengah," tegasnya.

Kedepan instansi terkait juga harus mengoptimalkan program irigasi disejumlah tempat khususnya daerah rawan banjir di pemukiman penduduk sehingga keresahan masyarakat dapat teratasi.

Bupati Kuantan Singingi Mursini dan Wakil Bupati Halim menyebutkan, apapun persoalan yang dihadapi masyarakat akan menjadi periotas utama untuk diselesaikan, apalagi berkaitan dengan kemajuan daerah dan pembangunan bermanfaat langsung dengan publik.

" Banjir adalah maslaha bersama, mari semua pihak menjaga irigasi dan tetap waspada," ujarnya. (ADV)