Ternyata Kebanyakan Minum Susu Tidak Baik Untuk Tubuh

id ternyata kebanyakan, minum susu, tidak baik, untuk tubuh

Ternyata Kebanyakan Minum Susu Tidak Baik Untuk Tubuh

Jakarta (Antarariau.com)- Susu memang baik bagi tubuh karena memiliki nutrisi penting yang berguna untuk tulang dan gigi. Tetapi, minum susu berlebih juga memiliki efek samping. Berikut adalah dampak meminum susu terlalu banyak.

1. Gangguan Digestive

Banyak orang yang tidak toleran terhadap laktosa artinya tubuh mereka tidak dapat memecah laktosa atau gula utama di dalam susu. Hal ini menyebabkan gas, diare, sakit perut dan mual. Gejalanya bervariasi bagi masing-masing individu.

2. Menaikkan Berat Badan

Jika Anda lebih memilih meminum susu daripada makan saat diet, dijamin berat badan malah akan bertambah. Sebab, secangkir susu memberikan 149 kalori. Namun, kalau susu skim hanya 90 kalori saja.

3. Menyebabkan Alergi

Gejala alergi susu adalah batuk, sakit perut, muntah dan lainnya. Gejala ini muncul biasanya setelah beberapa jam tapi ada juga yang setelah minum susu. Dalam beberapa kasus, alergi susu dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa seperti reaksi anafilaksis.

4. Resiko Jantung dan Kanker

Penelitian mengungkapkan bahwa perempuan yang minum susu terlalu banyak memiliki resiko yang tinggi terhadap penyakit jantung dan kanker dibandingkan dengan yang kurang. Pria juga memiliki resiko yang sama meski tidak sebanyak perempuan. Asupan peningkatan gula karena tingginya konsumsi susu bisa berakibat fatal.

5. Patah Tulang

Meski susu membuat tulang kuat tetapi kalau terlalu banyak minum susu justru akan membuat tulang lebih rentan.

6. Kekurangan Zat Besi

Konsumsi susu berlebih dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dan mengurangi efektivitas nutrisi penting dalam tubuh. Anak-anak yang terlalu banyak minum susu akan membuat mereka kekurangan zat besi dan anemia. Anak-anak berusia lima tahun ke bawah tidak boleh meminum lebih dari delapan ons sehari.

Sumber: GoHitz