Polda Riau Siap Kawal Aksi Damai 2 Desember Di Pekanbaru

id polda riau, siap kawal, aksi damai, 2 desember, di pekanbaru

Polda Riau Siap Kawal Aksi Damai 2 Desember Di Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Riau siap mengawal ribuan massa dari berbagai daerah di Provinsi Riau akan menggelar aksi damai Bela Islam di Kota Pekanbaru, Jumat (2/12).

"Kita siap mengamankan aksi damai yang rencananya digelar selesai Shalat Jumat besok. Saya juga akan turut bergabung dengan massa mulai dari shalat Jumat," kata Kapolda Riau, Brigjen Zulkarnain Adinegara kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Kapolda memperkirakan sebanyak 3.000 orang akan menggelar aksi di Jalan Gadjah Mada, Kota Pekanbaru atau usai Shalat Jumat di Masjid Agung An-Nur.

"Sebenarnya kita berharap agar aksi damai tetap di gelar di Masjid Agung, namun jika mereka tetap ingin turun ke jalan, kita tidak bisa menghalangi kan?," ujarnya.

Untuk itu, selain bergabung bersama massa di Masjid, Kapolda juga menuturkan akan turut serta ikut long march menuju Jalan Gadjah Mada yang berjarak sekitar 4 kilometer.

Sebenarnya, hal serupa pernah dilakukan oleh Kapolda pada aksi damai yang digelar pada 4 November silam.

Sementara itu, guna mengawal aksi tersebut, Polda Riau telah berkoordinasi dengan Komando Resor Militer 031/Wirabima. Terdapat sekitar 2.700 personel gabungan akan mengamankan aksi tersebut.

Lebih jauh, Zulkarnain turut mengatakan terdapat ratusan warga dari Provinsi Riau yang sudah berangkat ke Jakarta. Hanya saja jumlah tidak sampai sebanyak 375 orang, sebagaimana terdata sebelumnya.

"Sudah diinformasikan Ustad Ade (Ketua FPI Riau) tidak sampai segitu. Sekitar 200-an, tidak sampai 300-an. Sebagian sudah ada di Jakarta," kata Zulkarnain.