FIKR 2016 Sediakan Panggung Musik dan Seni Pertunjukan, Mau Tampil?

id fikr 2016, sediakan panggung, musik dan, seni pertunjukan, mau tampil

FIKR 2016 Sediakan Panggung Musik dan Seni Pertunjukan, Mau Tampil?

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Panitia Festival Industri Kreatif Riau 2016 yang digelar Kantor Berita Antara Riau menyediakan panggung untuk sektor industri kreatif Musik dan Seni Pertunjukan.

"Panggung yang tersedia di festival industri kreatif khusus untuk musik dan seni pertunjukan seni bagi mereka untuk tampil. Gratis, serta fasilitas ikutannya untuk pecinta seni panggung," kata Ketua Panitia, Vera Luciana.

Festival Industri Kreatif Riau 2016 diadakan pada 17 Desember. Festival akan berlokasi dipelataran Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau di JL Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Sebagai rujukan, Musik adalah kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara. Oleh karena itu diharapkan musik merupakan kreasi sendiri.

Sedangkan Seni Pertunjukan adalah kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan (misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan.

"Tujuan panggung ini untuk menggali dan melihat sejauh mana kaum muda pecinta seni kreatif di Pekanbaru dan Riau.

Panitia ingin seni kreatif yang selama ini belum mendapat tempat akan muncul dan bangkit berkreasi menunjukkan kemampuannya di Bumi Lancang Kuning dan Nasional," tambah Vera.

Menurutnya Riau dikenal dengan Melayu yang kaya akan seni budayanya. Tetapi tantangannya bagaimana kaula muda bisa menjadikan ini tuan rumah di wilayahnya sendiri dengan mengkreasikannya sesuai zaman agar tidak tertinggal.

"Jadi ajang ini harusnya bisa jadi momen pecinta seni menunjukkan kreatifitasnya.

Kapan lagi Melayu Riau bisa seperti provinsi lain yang kuat dan kental dengan karakter seninya, seperti Bali, Yogyakarta dan sebagainya yang tak punya kekayaan alam, tetapi cukup makmur dengan seni dan budaya," ungkapnya.

Bagi yang berminat dapat menghubungi salah satu panitia acara, FB Rian Anggoro (081350539096), Vera Luciana (085375434333) dan Anggi Ramadoni (085366632062).

Festival industri kreatif ini digelar dalam rangka untuk memeriahkan perayaan hari jadi Perum LKBN Antara ke-79 dan didukung oleh Bank Indonesia Perwakilan Riau.

Selain musik dan seni pertunjukan seni kreatif lainnya yang akan ditampilkan adalah Arsitektur, Seni Rupa, periklanan, kuliner, kriya, televisi dan radio, fotografi, Apps dan Game, Film, animasi dan Video, Desain Komunikasi Visual, desain interior, fashion, dan desain produk.