Rohul Akan Tiru Program Jahit Kampar

id rohul akan, tiru program, jahit kampar

Rohul Akan Tiru Program Jahit Kampar

Bangkinang Kota (Antarariau.com) - Plt. Bupati Rokanhulu, Sukiman akan mencontoh program jahit menjahit yang dibuat pemdakab Kampar untuk diterapkan di Rohul.

"Jefry Noer adalah sosok yang kreatif, inovatif, saya sudab lama mengenalnya, program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) ini bukan isapan jempol belaka, nyata adanya dan layak dicontoh," kata Sukiman saat mengunjungi lokasi PKBM di Kubang Jaya bersama Bupati Kampar, Jefry Noer, Jumat.

Dalam kunjunganya ke lokasi pelatihan jahit menjahit bagi masyarakat yang kurang mampu di PKBM Bina Insan Mandiri, dia mengakui bahwa program itu merupakan upaya mengurangi pengangguran.

Bukan cuma itu yang akan diterapkannya, pilot project RTMPE Pemda Kampar, dilahan yang hanya memiliki luas 1000 meter namun menyajikan kompleksitas dibidang pertanian yang dikembangkan secara terpadu itu, Sukiman sangat terkagum.

Bupati Kampar, berharal program yang dibuatnya ini dapat menggugah masyarakat untuk dapat meningkatkan kemandirian pangan walaupun itu dari halaman rumahnya.

"Inilah konsep yang saya buat untuk masyarakat walaupun dihalaman rumah yang hanya 1000 meter sekalipun namun masih dapat memberikan hasil yang maksimal," ungkap jefry

RTMPE sendiri merupakan rumah tangga mandiri pangan dan energi yang mengedepankan konsep kemandirian pangan melalui pemeliharaan sapi dan dimanfaatkanya kotoran dan kencingnya menjadi pupuk padat dan cair serta penggunaan biogas kotoran sapi untuk energi rumah tangga, ternak ayam petelur dan penetasanya, pembesaran ikan dikolam terpal, budidaya jamur dan pengolahan lahan sayuran maupun tanaman bawang merah dan toga. (Adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016