Antisipasi Banjir, BPBD Pekanbaru Akan Gelar Apel Gabungan

id antisipasi banjir, bpbd pekanbaru, akan gelar, apel gabungan

Antisipasi Banjir, BPBD Pekanbaru Akan Gelar Apel Gabungan

Pekanbaru (antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam kebakaran Kota Pekanbaru akan menggelar apel siaga banjir gabungan Senin (5/12), yang dihadiri Gubernur Riau, guna mengantisipasi rawan banjir di wilayah setempat.

"Rapat persiapan apel siaga banjir sudah dilakukan sejauh ini sudah matang," kata Kepala BPBD Kota Pekanbaru Burhan Gurning di Pekanbaru, Minggu.

Gurning menjelaskan rapat gabungan siaga banjir ini bertujuan agar masyarakat siap siaga dan faham bagaimana cara menekan resiko daripada banjir tersebut khusus kawasan Pekanbaru.

"Rencananya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachmand akan hadir sekaligus memimpin apel," terang dia.

Gurning menyebutkan tingginya curah hujan di Pekanbaru dan kabupaten lainnya di Riau, BPBD akan mempersiapkan tim dan masyarakat.

"Kita akan persiapkan seluruh masyarakat, dan satuan tugas yang akan siaga terhadap banjir," katanya lagi.

Menurut Gurning memang ada beberapa daerah kita yang rawan banjir seperti di Sakuntala dan Witayu serta beberapa daerah lain.

"Kemaren sudah kami pasang tenda," ucapnya.

Maka dari itu kedepan seluruh pasukan BPBD akan dikerahkan dan stakholder terkait basarnas, TNI dan Polrinya.

Ia menambahkan mekasuki musim penghujan di Pekanbaru, ada enam posko dimaksimalkan untuk memantau banjir.

Enam posko itu di antaranya ada di Kecamatan Bukit Raya, Tampan, Payung Sekaki, Tenayan Raya, Rumbai dan Rumbai Pesisir.

"Kami aktifkan enam posko pemantauan. Harapan kita bisa membantu memberikan pertolongan dan evakuasi kepada warga. Kalau memang harus didirikan tenda, ya akan kami dibuat secepatnya," kata dia lagi.

Ia juga mengingatkan posko pemantau banjir ini bisa saling berkordinasi dengan Dinas terkait. Warga yang wilayahnya dilanda banjir agar segera melaporkan ke lurah ataupun camat.

"Kalau memang ada yang membutuhkan untuk dievakuasi, ya kami akan turun langsung. Nah sekarang kondisinya kan masih belum, seperti yang berada di Jalan Sakuntala, karena disana masih dalam kondisi aman terkendali," jelasnya.

Ia memprediksi, beberapa hari ke depan cuaca dan curah hujan di Pekanbaru bisa menurun.

"Mudah-mudahan saja begitu. Dengan begitu, mana wilayah yang terendam banjir, genangan air bisa secepatnya surut," katanya mengakhiri.