Gubri: FIKR 2016 Penting Untuk Mendorong Promosi Daerah

id gubri fikr 2016 penting untuk mendorong promosi daerah

Gubri: FIKR 2016 Penting Untuk Mendorong Promosi Daerah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengapresiasi penyelenggaraan Festival Industri Kreatif Riau 2016 yang akan ditaja oleh Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Biro Riau bekerjasama dengan Bank Indonesia pada 17 Desember.

"Kalau ada event-event nasional di Provinsi dan Kabupaten Riau ini pasti kami dukung," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat dimintai tanggapannya terkait penyelenggaraan event tersebut 17 Desember 2016 di Pekanbaru, Selasa.

Andi sapaan mantan Ketua Kadin Riau ini mengaku acara seperti ini diperlukan oleh wilayah tersebut untuk terus mendorong promosi dan kebangkitan pariwisata serta ekonomi industri kreatif.

"Pemerintah Provinsi Riau sedang menggalakkan promosi itu," terang Andi.

Karena itu sebut dia Riau tidak boleh hanya bergantung kepada kekayaan Sumber Daya Alam seperti minyak dan gas (Migas) serta hasil perkebunan kelapa sawit. Akan tetapi harus menggali sektor lain sebagai penopang juga. Yakni pariwisata dan industri kreatif.

Karenanya Riau memang perlu untuk terus mempromosikan daerahnya ke kancah nasional dan internasional.

"Apalagi kita mempunyai sektor pariwisata dan industri kreatif yang mumpuni dan belum digali selama ini. Itu akan kita dorong menjadi salah satu sektor unggulan kedepan," tegasnya.

Seiring itu sambung Andi pihaknya yakin dengan pelaksanaan event Festival Industri Kreatif Riau 2016 yang akan digelar di ibu kota provinsi, pasti menjadi suatu cara untuk mendukung program tersebut.

Apalagi seperti diketahui Pekanbaru yang memiliki visi-misi menjadikan wilayah tersebut sebagai kota Meeting, Incentive, Conferences , Exhibition dan Event (MICE). Hal tersebut sangat didukung oleh Pemko.

"Memang visi- misi Pekanbaru menjadikan kota "mice" ini cocok," terangnya lagi menegaskan.

Jadi ajak dia, tidak usah ragu-ragu lagi jika memang ada event yang demikian, karena semua fasilitaspun sudah tersedia.

"Saya rasa pemerintah kota Pekanbaru pun akan ikut aktif kalau dilibatkan," kata Andi.

"Begitu juga pemerintah provinsi," sambungnya.

Sekedar informasi Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Biro Riau akan menggelar event Festival Industri Kreatif Riau 2016 tanggal 17 Desember di Kantor Bank Indonesia setempat.

Kepala Biro LKBN antara Riau Maswandi menjelaskan, acara ini menargetkan bakal dihadiri oleh 100 industri kreatif yang ada di Pekanbaru.

"Sejauh ini panitia sudah melakukan pendataan peserta dan jumlahnya sudah mencukupi sesuai target," kata Maswandi.

Proses selanjutnya sebut Maswandi pihak panitia akan melakukan Teknikal Meeting untuk seluruh peserta 7 Desember di gedung serbaguna lantai 3 Bank Indonesia Provinsi Riau.

"Panitia akan memberikan arahan teknis terkait pelaksanaan festival bagi peserta sekaligus penataan lokasi," katanya menambahkan.

Ia juga mengajak semua warga Pekanbaru untuk hadir menyaksikan acara ini selain juga bisa mengikuti seminar secara gratis, juga bisa menyaksikan penampilan fashion show model lokal Riau dengan karyanya yang tidak kalah dengan perancang nasional.

"Akan ada juga pemutaran trailer film judul "permintaan" karya Yoga siswa SMKN 2 Pekanbaru. Ini dia yang sutradara, tulis naskah dan ambil gambar sendiri," katanya lagi mengakhiri.