Perkiraan Jumlah Lansia Siak Untuk Tahun 2020 Mencapai 11,34 Persen

id perkiraan jumlah, lansia siak, untuk tahun, 2020 mencapai, 1134 persen

Perkiraan Jumlah Lansia Siak Untuk Tahun 2020 Mencapai 11,34 Persen

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah kabupaten Siak berdasarkan data Badan Pusat Statistik setempat memprediksi jumlah penduduk lanjut usia pada tahun 2020 bisa mencapai 11,34 persen.

"Berdasarkan data BPS tahun 1971 usia harapan hidup naik menjadi 4,48 persen, tahun 1990 telah meningkat menjadi 6,56 persen dan pada tahun 2020 diperkirakan akan mencapai 11,34 persen," kata Sekretaris Setdakab Siak T Said Hamzah di Siak, Selasa.

Dia mengatakan, dengan meningkatnya struktur penduduk Indonesia berstruktur tua, untuk itu Pemkab Siak merancang Pengurus dan Pembentukan Kelompok Kerja (POKJA) Komda Lansia.

Berdasarkan data tahun 2015, jumlah Lansia di Kabupaten Siak mencapai 18 ribu orang dari 408.034 jiwa penduduk secara keseluruhan. 800 jiwa diantaranya masuk dalam kategori miskin dan terlantar.

"Sejak tahun 2015 masing-masing Lansia mendapatkan bantuan senilai Rp200.000 perbulannya," ucapnya.

Katanya, memberdayakan Lansia sudah menjadi kewajiban semua pihak di kabupaten Siak, baik yang masih produktif ataupun tidak.

"Sebagaimana kita ketahui bersama tingkat lansia di kabupaten Siak ini dari tahun ketahun semakin meningkat," sebutnya.

Dijelaskan Hamzah pula, tugas dari Komda Lansia ini diantaranya menjabarkan jumlah populasi Lansia, membuat profil secara nasional, mengetahui permasalahan akan dihadapi pada waktu mendatang yang dipicu oleh beberapa faktor, hingga rencana aksi komisi daerah lansia Kabupaten Siak 2017.

Sementara itu wakil ketua I pengurus Komda Lansia kabupaten siak Nurmansyah mengatakan, kedepan program Lansia harus lebih ditingkatkan. Sebab pengurus Komda harus bisa meningkatkan harapan hidupnya serta membuatnya lebih produktif dan bisa diberdayakan.

Dikatakannya, hal tersebut dapat terwujud apabila dinas instansi terkait didalam Komda lansia ini dapat berpartisipasi dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan undang-undang. Ada tujuh Undang-Undang mengatur dan sembilan peraturan yang membahas tentang perundangan Lansia.

"Kami mengharap komda lansia dapat bergerak karena kita akan menyusun program 2017 mendatang," pungkas Nurmansyah.

Oleh: Nella Marni