2017, Kampus IPDN Rohil Akan Menjadi Pusat Diklat Satpol PP

id 2017 kampus, ipdn rohil, akan menjadi, pusat diklat, satpol pp

2017, Kampus IPDN Rohil Akan Menjadi Pusat Diklat Satpol PP

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mempersiapkan proses peluncuran pergantian Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kecamatan Tanah Putih, bakal dijadikan pusat pendidikan dan pelatihan satuan polisi pang praja dan petugas pemadam kebakaran daerah itu.

Bupati Rokan Hilir, Suyatno di Bagansiapiapi, Selasa, mengaku akhir pekan lalu telah menerima kedatangan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang minta agar pemerintah setempat mempersiapkan proses peluncuran pergantian kampus dijadwaalkan tahun 2017.

"Eks kampus IPDN itu nantinya akan dijadikan pusat pendidikan dan pelatihan (Diklat) Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar). Rencananya akan dimulai pada triwulan pertama 2017," kata Suyatno.

Bupati juga meminta usulan dari DPRD Rohil terkait perubahan kampus menjadi pusat Diklat Satpol PP dan Damkar.

"Kami meminta kepada seluruh anggota dewan agar kegiatan yang direncanakan Kemendagri dapat berjalan sebagai mana diharapkan," katanya.

Sekretaris Komisi D DPRD Rohil, Suryati mengatakan bahwa Pemkab dan DPRD setempat tentunya terlebih dahulu harus membahas untuk melakukan kesepakatan.

"Harus kita bahas bersama, apa keuntungan yang didapatkan untuk masyarakat Rohil secara khusus dan Indonesia pada umumnya," kata Suryati.

Menurut dia pergantian kampus IPDN menjadi pusat Diklat juga harus ada pertimbangan yang matang, sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Jangan seperti yang sudah lalu, kalau sudah diterima kita harus siap menjalankan program yang ditunjuk pusat ini. Namun yang perlu digaris bawahi agar pergantian ini sifatnya tidak sementara, kita maunya jangka panjang," tuturnya. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi