Permudah Penilaian, Pemkab Kuansing Akan Bangun Tiang Pancang Pacu Jalur

id permudah penilaian, pemkab kuansing, akan bangun, tiang pancang, pacu jalur

Permudah Penilaian, Pemkab Kuansing Akan Bangun Tiang Pancang Pacu Jalur

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi akan membangun tiang pancang yang menjadi garis akhir pada kegiatan Pacu Jalur di beberapa lokasi strategis agar saat lomba penentuan pemenang lebih mudah terlihat.

"Saya sudah sampaikan kepada Bupati Mursini, Insha Allah pembuatan tiang pancang pada lomba perahu panjang di masing-masing lintasan dikabulkan," kata Camat Kuantan Mudik Budi Asrianto di Teluk Kuantan, Minggu.

Camat mengatakan, berdasarkan usulan dan aspirasi warga, ada tiga pancang garis akhir (finish) yang diminta untuk direalisasikan pembangunannya yakni untuk Tepian Lubuk Sobae Baserah, Kuantan Hilir, Tepian Pantai Desa Lubuk Terentang, Gunung Toar dan Tepian H Saidina Ali di Desa Luai Kuantan Mudik.

Instansi terkait akan membangun itu pada tahun 2017, usulan pembangunan tiang pancang tiga kecamatan itu bakal dikabulkan dengan harapan pada iven pacu jalur yang diselenggarakan setiap tahun itu bisa lebih optimal dan meriah.

"Pacu Jalur yang merupakan lomba perahu khas Kuantan Singingi menjadi potensi besar dalam mendatangkan wisatawan ke daerah karena fasilitas yang semakin baik," sebutnya.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) setempat akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan tribun pancang finish tersebut, jika selesai kegiaan seni budaya di daerah akan semakin berkembang.

"Tim BMSDA sudah mengecek dan survei kelokasi pembangunan," ujarnya.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Erwan menyebutkan pihaknya sudah melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan tribun pancang finish Desa Luai dan memang dinilai layak.

"Masyarakat juga telah menyetujui, terutama yang memiliki lahan disekitar lokasi," sebutnya.

Semua pihak harus mendukung program pemerintah, terutama peningkatan sejumlah objek wisata sehingga Kuansing ke depan lebih dikenal luas dan bahkan dapat mengundang wisatawan luas untuk melihat wilayah yang indah di Teluk Kuantan.

Wakil Bupati Kuansing Halim mengatakan, lima tahun kedepan pariwisata makin maju dan berdampak pada perekonomian warga

"Semua masyarakat diharapkan bersatu dan mendukung Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pelaksanaan semua program," ujarnya. (ADV)