Debit Air Sungai Rokan Meningkat, Warga Rohil Diimbau Waspada Banjir

id debit air, sungai rokan, meningkat warga, rohil diimbau, waspada banjir

Debit Air Sungai Rokan Meningkat, Warga Rohil Diimbau Waspada Banjir

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menyerukan warga untuk waspada terhadap banjir, mengingat saat ini terjadi peningkatan debit air sungai khususnya Sungai Rokan.

"Kami mengimbau masyarakat waspada terhadap banjir. Karena peningkatan debit air bisa mengakibatkan banjir melanda pemukiman, terutama bagi warga yang rumahnya persis di pinggir sungai," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil, Azhar Achmad di Bagansiapiapi, Selasa.

Ia menyebutkan bahwa belakangan ini intensitas hujan tidak berkurang. Bila tidak dicermati dengan waspada bisa saja menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

"Terutama yang rentan dengan dampak banjir adalah anak-anak," ucapnya.

Pernyataan ini juga mengacu adanya kejadian bocah yang hilang pada Minggu (18/12) yang diduga hanyut di Sungai Pabrik Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko. Sampai saat ini tim BPBD telah melakukan upaya pencarian bersama dengan pihak terkait lain.

Sebelum itu pada Kamis 15 Desember seorang bocah inisial Ra tewas tenggelam di parit bekas bekoan di Jalan Sepakat Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir, Kecamatan Bangko.

Bercemin dari dua kasus itu kepala BPBD mewanta-wanti agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan banjir ataupun naiknya genangan air ke lingkungan pemukiman.

"Anak-anak harus terus diawasi, mereka tidak tahu dengan bahaya. Kalau sudah terjatuh ke air bagaimana, jangan sampai lalai. Kejadian sudah banyak bukan hanya di Rohil tapi juga seperti di Bangkinang, Pekanbaru jadi tolong awas," katanya lagi.

Berkaitan dengan banjir terangnya pada saat ini BPBD baru menerima laporan dari sejumlah kecamatan yang sudah dibayang-bayangi banjir, namun belum sampai pada tingkat mengkhawatirkan.

"Seperti di kecamatan Pekaitan sudah ada laporan air naik tapi baru sampai ke pekarangan rumah, ada juga jalan tapi belum begitu menghambat dan rumah belum ada yang sampai tergenangi air," tuturnya. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi