Bupati Rohil Didaulat Menjadi Ketua Al-Jamiyatul Washliyah

id bupati rohil, didaulat menjadi, ketua al-jamiyatul washliyah

Bupati Rohil Didaulat Menjadi Ketua Al-Jamiyatul Washliyah

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Hilir Provinsi Riau, Suyatno diberikan amanah menjadi Ketua Al-Jamiyatul Washliyah Rohil masa bakti 2016-2021.

"Memang tugasnya berat, namun saya yakin dengan dukungan semua anggota serta masyarakat akan bisa menjalankan program dengan baik," kata Suyatno usai dilantik secara resmi oleh Ketua Wilayah Al-Jamiyatul Washliyah Provinsi Riau, Rusli Efendi, di Gedung Serbaguna, Bagansiapiapi, Rabu.

Setidaknya ada sekitar 30 pengurus daerah Al-Jamiyatul Washliyah Rohil dilantik dalam organisasi itu. Tampak juga didalamnya beberapa pejabat Rohil diantaranya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohil Job Kurniawan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rohil Roy Azlan dan Sekretariat Korpri M Zein.

Bupati mengatakan bahwa ia sangat senang diberikan amanah menjadi ketua. Namun ia meminta kekompakkan seluruh pengurus untuk bersama-sama membesarkan organisasi Al-Washliyah di Rohil.

"Saya juga berpesan agar pengurusan sayap serta kecamatan untuk segera dikukuhkan," katanya mengingatkan.

Meksipun menjadi ketua dalam organisasi Islam itu, namun ia akan berlaku adil terhadap seluruh organisasi yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

"Memang saya sebagai ketua sekaligus Bupati, namun semua organisasi akan diperlakukan sama," ucap Suyatno.

Ia menjelaskan, program pendek yang akan dilakukan nanti adalah wacana pembangunan Yayasan Rokan Hilir yang kemungkinan akan menggandeng pihak Al-Jamiyatul Washliyah Rokan Hilir.

"Yayasan Rohil rencananya akan dibuat pada tahun 2017. Jadi akan ada rapat nantinya untuk persiapan pembentukan," tuturnya.

Bupati juga meminta seluruh umat Islam untuk bersatu padu. Apalagi banyak sekali organisasi Islam yang ada diantaranya Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan Al- Jamiyatul Washliyah yang diminta untuk bersatu untuk menjaga kerukunan antar sesama umat beragama maupun umat agama lainnya agar tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara itu Ketua wilayah Al-Jamiyatul Washliyah Provinsi Riau, Rusli Efendi menyampaikan ucapan tahniah dan apresiasi, karena seorang Bupati bersedia dipilih menjadi ketua.

"Untuk di Riau ini perdana ketuanya seorang Bupati. Jadi kami berharap agar organisasi ini bisa semakin besar nantinya," katanya.

Rusli yang juga merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau sekaligus pengurus Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta ini merupakan putra Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir.

"Jujur saja saya gemetaran saat melantik tadi, bukan karena yang saya lantik adalah Bupati. Tapi didalam kepengurusan ini ada guru saya sejak saya masih sekolah dahulu menjadi pengurus," kata Rusli Efendi. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi