Jumlah RTH Di Pekanbaru Bahkan Belum Mencapai Lima Persen

id jumlah rth, di pekanbaru, bahkan belum, mencapai lima persen

Jumlah RTH Di Pekanbaru Bahkan Belum Mencapai Lima Persen

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Riau menyatakan Ruang Terbuka Hijau di ibukota wilayah setempat, yakni Kota Pekanbaru, belum sampai 30 persen seperti yang diamanahkan Undang-Undang No. 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang.

"Pekanbaru belum sampai lima persen RTH, itupun sudah dibantu universitas-universitas yang sedang penghijauan. Ditambah lagi dua kawasan pusat olahraga di Stadion Rumbai dan Stadion Utama," kata Kepala Dinas Ciptada Riau, Dwi Agus Sumarno di Pekanbaru, Kamis.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini dalam usaha memperbanyak RTH. Salah satunya adalah kantor eks Dinas Pekerjaan Umum Riau di persimpangan Jalan Riau dan Jalan Ahmad Yani. Itupun, kata dia, luasnya juga kurang dari dua hektare.

Dia mengatakan, RTH di eks Kantor PU Riau itu juga sebagai kawasan mendukung Pasar Bawah sebagai pusat wisata belanja Pekanbaru, Masjid Raya dan Perkampungan awal Pekanbaru yakni Senapelan.

Selain di situ, juga sedang dibangun RTH di bekas Taman Rekreasi Kacang Mayang di Jalan Sudirman depan Kantor Walikota Pekanbaru. Dengan luas sekitar 1,8 ha akan dilakukan bertahap RTH di Jalan Sumatera, Jalan Diponegoro, Jalan Thamrin hingga Petala Bumi.

"Sekarang baru tahap pertama di Kaca Mayang. Pengerjaannya sudah 96 persen, tinggal buka seng saja. Pohon-pohonnya juga sudah diperlihara," ungkapnya.

Kemudian akan dibangun juga taman di sebelah Gedung Wanita dan sebelah Hotel Arya Duta Pekanbaru dengan di tengah-tengahnya embung air. Masing-masing taman itu untuk taman balita dan taman anak usia SD dan SMP.

Kemudian di depan taman akan dibuat jalan ke bawah dari Jalan Diponegoro menuju Hutan Kota Budaya karena letaknya dekat Gedung Lembaga Adat Melayu Riau. Selanjutnya bertemu sungai juga akan dibuat kiri kanannya jalan hingga tembus taman remaja di Jalan Thamrin.

"Terakhir melintas menuju belakang rumah gubernur yang rencananya juga akan dibangun kebun binatang bumi hingga ke Petala Bumi. Luasnya hingga 4 ha. Dengan ini sampai 2019 diharapkan RTH Pekanbaru sampai 2019 sudah 15 persen," sebutnya.