80 Aplikasi Terintegrasi Dalam Penerapan E-Goverment Riau

id 80 aplikasi, terintegrasi dalam, penerapan e-goverment riau

80 Aplikasi Terintegrasi Dalam Penerapan E-Goverment Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pelayanan masyarakat yang menggunakan sistem berbasis teknologi informasi secara "online" atau e-goverment dalam program Riau go IT di Provinsi Riau hingga Oktober 2016 sudah mencapai 80 persen dengan 80 aplikasi sudah terintegrasi.

"Artinya Riau sudah memasuki zona integritas pelayanan bahkan presentase pencapaia e-government itu akan meningkatkan lagi menyusul adanya penambahan sejumlah peralatan lagi," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru.

Menurut Arsyadjuliandi, dengan e-government tersebut maka semua perencanaan sudah terintegrasi dengan baik melalui masing-masing website dalam rangka meningkatkan komunikasi antarSatuan Kerja Perangkat Daerah di lingkup Pemrov Riau.

Ia mengatakan, Riau Go IT merupakan terobosan baru yang diciptakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan sistem berbasis Teknologi Informasi secara "online". Pelayanan tersebut untuk kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi dan pelayanan maksimal.

"Untuk memberikan pelayanan yang maksimal, Pemrov Riau memulai gerakan tersebut dari tubuh pemerintah daerah Riau itu sendiri dengan menghimbau seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar menggunakan teknologi dalam memberikan pelayanan," katanya.

Sedangkan fungsi e-government itu adalah dapat meningkatkan pelayanan publik, mempermudah koordinasi antara pemerintah pusat hingga ke pemerintah desa.

Sementara itu, Riau Go IT merupakan motto tagline Provinsi Riau dalam bidang informasi dan teknologi untuk meningkatkan pelayanan dan transparansi kepada masyarakat hingga ke pedesaan menuju daerah provinsi yang cerdas akan teknologi.

"Program ini digencarkan bagian dari dukungan daerah untuk pencapaian Nawacita dalam membangun Indonesia dari pinggiran desa hingga ke pemerintah pusat dalam kerangka Negara kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Dengan demikian, katanya lagi, melalui upaya memperbaiki kualitas layanan kepada "stakeholders" serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, pemerintah dapat mewujudkan secara nyata konsep kebijakan yang baik dan pemerintahan bersih.

Ia menyebutkan, untuk mendukung gerakan Riau Go IT, Pemerintah provinsi Riau menyediakan fasilitas online untuk masyarakat luas seperti website, yaitu www.riau.go.id. Pada website tersebut masyarakat dapat meng"update" atau melihat informasi tentang kegiatan pemerintah Provinsi Riau.

Seperti informasi dan kegiatan SKPD, website dan email SKPD, gallery foto dan video, transparansi pengelolaan anggaran daerah dan lainnya.

Berikutnya tentang produk hukum, TV streaming, radio "online", info pajak kendaraan, laporan kerusakan, LPSE berbasis Online, Government Service Bus, perizinan "online" dan data pembangunan.

Kelompok Informasi Masyarakat, Data (PKB, BBN-KB, SWDKLLJ), pengaduan "online", website kabupaten/kota, informasi peta, pangkalan data pendidikan, layanan SK guru bantu, Data Pokok Pendidikan, pengumuman lelang LPSE dan informasi penyusunan RKPD.

"Artinya masyarakat tidak perlu lagi repot untuk mencari informasi tentang kegiatan pemerintah provinsi Riau hanya dengan membuka akses internet di website www.riau.go.id sesuai dengan bidang yang dibutuhkan," katanya. (ADV)