Hadapi Natal Dan Tahun Baru, KSOP Dumai Awasi Keberangkatan Kapal

id hadapi natal, dan tahun, baru ksop, dumai awasi, keberangkatan kapal

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Dumai, Provinsi Riau akan mengawasi keberangkatan kapal untuk mengantisipasi kondisi cuaca di perairan dalam rangka kesiapan menghadapi angkutan Natal dan Tahun Baru 2017.

Pelaksana Harian Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan mengatakan, antisipasi cuaca dalam penyelenggaraan angkutan natal dan tahun baru ini sesuai maklumat pelayaran yang dikeluarkan Dirjen Perhubungan Laut.

"Syahbandar akan mengawasi keberangkatan kapal dengan memperhatikan kondisi cuaca di perairan demi keselamatan pelayaran sesuai instruksi diterima dari dirjen perhubungan laut," kata Yuzirwan, Jumat.

Dikatakan, pengawasan iklim di perairan setiap saat dipantau melalui data Badan Metereologi Klimatologi Geofisika dan apabila kondisi cuaca tidak baik maka diminta pengguna jasa agar berhati hati.

Selain itu, syahbandar diminta juga untuk meningkatkan patroli dan penjagaan keamanan di pelabuhan setempat sesuai ketentuan sistem pengamanan.

"Pengguna jasa kepelabuhanan agar senantiasa memantau kondisi cuaca di perairan dan mengutamakan keselamatan," sebutnya.

Sementara, untuk memastikan kesiapan pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru 2017, Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting lakukan pengecekan pos pengamanan dan pelayanan Operasi Lilin 2016 di sejumlah titik.

Penempatan pos pelayanan dibuka di Terminal Penumpang Pelindo I Dumai, Terminal Penyeberangan Roro, Terminal AKAP, sedangkan pos pengamanan didirikan di Jalan Jenderal Sudirman.

"Petugas pelaksana agar menyiapkan kelengkapan di pos pelayanan dan pengamanan supaya masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas liburan natal dan tahun baru," kata Donald.

Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk aktif menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, serta teliti saat bepergian meninggalkan rumah agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

(Infotorial/Pemko Dumai)