Kader Ujung Tombak Keberhasilan Program KB

id kader ujung, tombak keberhasilan, program kb

Kader Ujung Tombak Keberhasilan Program KB

Kampar, (Antarariau.com) - Badan Keluarga Berencana Kabupaten Kampar (BKBPP) Kabupaten Kampar menggelar Pelatihan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (Sub PPKBD), se-Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini digelar di hotel Nirvana Bangkinang selama tiga hari, 20-22 Desember 2016. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BKBPP Edi Afrizal yang diwakili Kabid Advokasi dan Bina Lini Lapangan drg. Awal Haeniwati.

Kepala BKBPP saat membuka pelatihan ini menyampaikan bahwa para kader KB merupakan ujung tombak untuk kelancaran dalam membantu pelaksanaan pencapaian program KB di Kabupaten Kampar. Sudah seharusnya ibu-ibu kader diberi bekal sehingga tidak ketinggalan zaman, ujarnya Lini

Setelah mengikuti kegiatan ini, para kader diharapkan bisa menjadi motor penggerak atau bisa menularkan ilmunya kepada kader-kader yang lain di wilayah masing-masing. Bila ditemui kendala dilapangan, ibu dapat berkoordinasi dengan petugas KB yang ada di desa dan di kecamatan karena perpanjangan tangan kantor BKBPP adalah para petugas KB atau yang lebih dikenal dengan sebutan PLKB, ujar Awal.

Ditambahkannya, bahwa setiap tahun BKKBN memberikan reward (penghargaan) kepada kader-kader yang berprestasi. Penilaian ini dimulai dari tingkat paling bawah, melalui usulan PPLKB didesa dan dilanjutkan di kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. Bila ibu-ibu bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas secara ikhlas, Insya Allah akan mendapat balasan yang setimpal, ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Faizal Zubir, tujuan kegiatan pelatihan diantaranya menjalin silahturahmi sesama pengurus PPKBD dan Sub PPKBD se-Kabupaten Kampar dengan keluarga besar BKBPP Kabupaten Kampar. Memberikan wawasan kepada para pengurus PPKBD dan sub PPKBD se-Kabupaten Kampar dalam mengembangkan program KKBPK. Sasaran pelatihan pengurus PPKBD dan Sub PPKBD se-Kabupaten Kampar sebanyak 50 orang.

Narasumber berasal dari kantor Perwakilan BKBBN Provinsi Riau, BKBPP Kabupaten Kampar dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar. Narasumber diantaranya, Joniwar SE, M.Si (Kabid Advokasi, Penggerakan dan Informasi Kantor Perwakilan Provinsi Riau) yang menyampaikan materi tentang Program KKB dan Pembangunan Keluarga.

Narasumber Irwanto (Kasubbid Data dan Informasi Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Riau) menyampaikan tentang petunjuk pelaksanaan pengembangan IMP. Awal Haeniwati (Kabid Advokasi dan Bina Lini Lapangan BKBPP Kabupaten Kampar) menyampaikan materi tentang Tantangan/ masalaha yang dihadapi PPKBD/Sub PPKBD. Narasumber Dr Elvi Susanti Zul (Kepala Puskesmas Bangkinang Kota) menyampaikan materi tentang alat kontrasepsi KB.

Peserta sangat aktif dalam mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir. Mereka merasa sangat membutuhkan penambahan pengetahuan dan wawasan tentang KB untuk di tularkan kepada masyarakat dimana mereka berada. (ADV)