Bupati Bengkalis Desak SKPD Selesaikan Laporan keuangan 2016

id bupati bengkalis, desak skpd, selesaikan laporan, keuangan 2016

Bupati Bengkalis Desak SKPD Selesaikan Laporan keuangan 2016

Bengkalis (Antarariau.com)- Seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKDP) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, diintruksikan dan ditekankan untuk mempercepat penyelesaian laporan keuangan tahun 2016.

"Ke depan diharapkan pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, menjadi lebih baik, dan kita dapat mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan pada tahun 2016 ini," kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Kamis.

Ia mengatakan, selain mempercepat penyelesaian laporan keuangan, SKPD juga agar segera melakukan langkah-langkah perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang ada.

"Kelemahan yang perlu menjadi perhatian ke depan antara lain, keterlambatan penyetoran sisa uang yang harus dipertanggungjawabkan (UYHD), pencatatan atas penerimaan, pencatatan atas persediaan, pencatatan dan pengelolaan aset tetap, kelebihan pembayaran atas pelaksanaan kegiatan, serta kelemahan dalam sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP)," katanya.

Disebutkannya, laporan keuangan tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Bengkalis berhasil memperoleh WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Perolehan opini tersebut justru menjadi tantangan untuk memperbaiki beberapa kelemahan dalam pengelolaan keuangan, pengelolaan aset, serta pelaksanaan program dan kegiatan.

"Kita terus melakukan perbaikan dalam melakukan pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan aset, pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan yang efektif, efisien, dan memberikan manfaat bagi masyarakat, sesuai peraturan perundang-undangan," ujar Amril.

Ia menjelaskan, Pemkab Bengkalis bertekad mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintah yang bersih (clean government). Didalamnya, terkandung beberapa prinsip yang krusial, yaitu, partisipasi masyarakat, penegakan hukum, transparansi, kesetaraan, daya tanggap, wawasan ke depan, akuntabilitas, efisien, efektif, profesionalisme, dan didukung dengan pengawasan yang handal.

(ADV)