BMKG: Wilayah Tanah Darat Kuansing Akan Minim Hujan Selama Sebulan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru memprediksi wilayah Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau akan terjadi hari tanpa hujan selama 30 hari mendatang.

"Prediksi kita cuma di wilayah Kecamatan Logas Tanah Darat itu saja, namun wilayah sekitarnya tetap terjadi hujan meski intensitas tidak merata," kata Kepala Seksi Analisis Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Meski begitu, dia mengatakan kondisi tersebut masih terhitung normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Terutama jika dihubungkan dengan masalah kebakaran hutan dan lahan.

"Daerah sekitarnya masih tetap basah. Tidak perlu ditakuti," jelas Slamet saat ditanyakan potensi Karhutla dengan kondisi di atas.

Lebih jauh, dia mengatakan pada awal 2017 ini, secara umum curah hujan di Riau diprediksi cenderung menurun. Sementara pada akhir Mei 2017 mendatang, diprediksi mulai masuknya musim kemarau.

Meski begitu, faktor La Nina lemah akan membuat cuaca di Riau tetap diguyur hujan meski intensitas ringan dan tidak merata.

"Kondisinya sama seperti 2016 lalu. La Nina lemah masih akan terjadi di Riau sehingga meskipun kemarau masih akan ada hujan," jelasnya.

Untuk pertama kalinya dalam 18 tahun terakhir, pada 2016 lalu Riau dipastikan bebas kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Berdasarkan catatan Antara, sejumlah faktor menjadi kunci keberhasilan Riau mengatasi bencana asap yang bisa disebut sebagai penyakit akut menahun tersebut. Di antaranya adalah kerja keras Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Riau 2016 yang terus berusaha mencegah dan menanggulangi kebakaran.

Satgas yang dikomandoi Brigjen TNI Nurendi itu setiap hari terus melakukan pemetaan dan upaya penanggulangan secara sistematis. Meski begitu, bukan berarti kebakaran lahan tidak terjadi. Polda Riau mencatat lebih dari 10 ribu hektare pada 2016 lalu lahan di Riau hangus terbakar.

Awal 2017 ini tentu menjadi tantangan Riau bersama TNI, Polda, dan BPBD serta instansi terkait untuk terus memerangi kebakaran lahan.


loading...