Krisis Keuangan, Ribuan Tenaga Honorer Kuansing Dirumahkan

id krisis keuangan, ribuan tenaga, honorer kuansing dirumahkan

Krisis Keuangan, Ribuan Tenaga Honorer Kuansing Dirumahkan

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Ribuan tenaga honorer Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, untuk sementara dirumahkan karena keuangan pemkab setempat sedang krisis.

"Krisis keuangan memaksa Bupati untuk merumahkan 2.926 pegawai honorer," kata Sekretaris Daerah Kuantan Singingi Muharman di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, kebijakan ini diambil murni karena persoalan keuangan daerah, karena APBD II daerah tak mampu membiayai seluruh tenaga kerja tersebut.

Kepala SKPD bisa membantu menyampaikan secara lisan kepada honorer bahwa mereka dirumahkan, dari 2.926 honorer tersebut termasuk guru, tenaga kesehatan, angota satpol PP, dan damkar serta tenaga administratif lainnya.

"Selain itu masa kontrak mereka beraakhir," katanya.

Seorang tenaga honorer berinisial Dw (36) mengatakan, sebenarnya ribuan honorer masih berharap untuk dipekerjakan karena sudah sekian lama bertugas, dan menunggu peluang menjadi pegawai negari.

"Jika Bupati mengambil sikap merumahkan sementara hal ini dapat dimaklumi," ujarnya.

Menurutnya, ribuan honorer yang ada di sejumlah SKPD, sekolah tidak bisa berkecil hati karena mamsalahnya adalah keuangan daerah yang minim, bukan kebijakan pribadi bupati, melainkan untuk mengatasi gejolak keuangan selama ini sangat memperihatinkan.

"Kami masih yakin bupati akan memikirkan solusi," katanya. (ADV)