Sepanjang 2016, Ratusan Warga Bengkalis Terjangkit HIV/AIDS

id sepanjang 2016, ratusan warga, bengkalis terjangkit hivaids

Sepanjang 2016, Ratusan Warga Bengkalis Terjangkit HIV/AIDS

Bengkalis (Antarariau.com)- Sebanyak 423 warga Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau terjangkiti HIV/AIDS sepanjang 2016, dan sebanyak 51 diantaranya meninggal dunia.

Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Bengkalis, Ismail Mahyuddin menyebutkan, jumlah tersebut bersumber dari RSUD dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Bengkalis serta Rumah Sakit Arifin Ahmad, RS Sanita Maria, RSJ Tampan Pekanbaru dan RSUD Kota Dumai yang terdapat warga Bengkalis disana.

"Dari delapan kecamatan yang ada di Bengkalis, warga yang banyak terterjangkiti HIV adalah Kecamatan Mandau," kata Ismail Mahyudin dalam keterangannya di Bengkalis, Rabu.

Dia memaparkan, untuk kecamatan Bengkalis, penderita HIV/AIDS sebanyak 53 orang, sedangkan yang meninggal sebanyak 7 orang, selanjutnya kecamatan Bantan sebanyak dua orang, kecamatan Bukit Batu sebanyak 10 orang.

"Siak Kecil juga termasuk yang terkecil dari kecamatan lainnya, hanya satu orang yang terterjangkiti HIV," kata dia lagi.

Selanjutnya, dari data yang dipaparkan, untuk kecamatan Rupat yang terjangkit HIV/ AIDS sebanyak 12 orang, sedangkan yang meninggal dunia sebanyak 3 orang, dan untuk kecamatan Rupat Utara 4 orang dan keempatnya sudah meninggal dunia.

"Kecamatan Mandau yang tertinggi yaitu sebanyak 216 penderita AIDS/HIV dan meninggal dunia sebanyak 28 orang, sedangkan kecamatan Pinggir yang terterjangkiti HIV/AIDS sebanyak 100 orang dan meninggal 9 orang," katanya.

Dia menyimpulkan, dari data tersebut, maka orang yang terterjangkiti HIV/AIDS di Kabupaten Bengkalis laki-laki mencapai 215 orang dengan rincian 170 orang penderita HIV, 45 penderita AIDS.

Sedangkan Perempuan mencapai 208 orang dengan rincian HIV sebanyak 194 orang dan AIDS sebanyak 14 orang.

"Penderita HIV/AIDS ini didominasi oleh para ibu rumah tangga yang mencapai sebanyak 60 orang, dan berdasarkan urutan di Provinsi Riau, orang yang terjangkit HIV/AIDS di Kabupaten Bengkalis masuk nomor urut tiga, yang pertama Kota Pekanbaru dan urut nomor dua Kota Dumai, " kata dia menjelaskan.