Pemkab Siak dan BOB-BSP Tanam 6.000 Bibit Mangrove

id pemkab siak, dan bob-bsp, tanam 6000, bibit mangrove

Pemkab Siak dan BOB-BSP Tanam 6.000 Bibit Mangrove

Siak, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak bersama dengan Badan Operasional Bersama Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu menanam sebanyak 6.000 bibit Mangrove sebagai upaya pelestarian lingkungan.

"Selain untuk melestarikan lingkungan, penanaman Mangrove ini juga sebagai upaya kita untuk menjadikan kawasan wisata berbasis lingkungan," kata General Manager BOB PT BSP-Pertamina Hulu, Susanto Budi Nugroho di Siak, Kamis.

Penanaman 6.000 bibit Mangrove atau pohon bakau di kawasan pesisir dan sungai tersebut dilakukan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sungai Apit.

Untuk diketahui, Desa tersebut merupakan pintu masuk menuju kawasan Taman Nasional Zamrud yang baru saja diresmikan pada 2016 silam.

Wakil Bupati Siak, Alfedri yang Turut hadir dalam penamanan tersebut memberikan apresiasi sebesarnya kepada perusahaan yang bergerak dibidang Migas tersebut.

Selain menanam 6.000 bibit Mangrove, BOB juga, demikian Susanto, BOB juga memberikan bibit ikan lele, pakan ikan dan mesin pembuat pakan.

Setidaknya dilakukan di empat kecamatan, Tapung Hulu, Pusako, Sabak Auh dan Siak Kecil yang memperoleh seluruh bantuan tersebut.

"Program lainnya yang dilakukan berkesinambungan adalah pelatihan produkti Kuliner berbahan Mangrove, dengan memanfaatkan tanaman mangrove di Kecamatan Sei Apit dan Sabak Auh," ujarnya.

Sejauh ini, sejumlahprogram tanggung jawab sosial perusahaantelah dilaksanakan BOB PT BSP-Pertamina Hulu sepanjang tahun 2016.

Diantaranya bidang kesehatan di Desa Rempak, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak. Program tersebut berupa pengadaan fasilitas Penunjang untuk Puskesmas Pembantu (PUSTU) di Desa Rempak, dengan sasaran memperluas jangkauan Puskesmas untuk lebih memudahkan masyarat mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kemudian dalam bidang pendidikan, berupa pengadaan Fasilitas Alat Peraga Edukatif dan Permainan Lembaga PAUD yang di kelola secara Swadaya oleh Masyarakat maupun Yayasan untuk Kecamatan Dayun, Pusako, Sabak Auh, Tapung Hulu dan Siak Kecil.

"Kita juga memberikan CSR di bidang Pemberdayaan Masyarakat, yaitu dengan cara memberikan stimulus kepada masyarakat dengan harapan masyarakat bisa melakukan kegiatan kedepan secara swadaya," tuturnya.

"Ada tiga kegiatan yang kita lakukan di bidang Pemberdayaan Masyarakat ini, diantaranya, Pertama di Desa Bandar Pedada, Desa Rempak dan Selat Guntung memberikan pengadaan sarana dan prasarana untuk kelompok tani yang ada di sana," jelasnya.

Pewarta :
Editor: Anggi Romadhoni
COPYRIGHT © ANTARA 2017