199 Orang Penderita DBD Inhil, Mayoritas Anak-Anak

id 199 orang, penderita dbd, inhil mayoritas anak-anak

199 Orang Penderita DBD Inhil, Mayoritas Anak-Anak

Tembilahan (Antarariau.com) - Sepanjang tahun 2016, rumah sakit umum daerah Puri Husada kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau tangani sebanyak 199 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah Kabupaten setempat.

"Terdapat sebanyak 199 orang yang kami tangani terkait penyakit DBD mulai bulan Januari sampai dengan November 2016 lalu," kata dr. Irianto Sp PD melalui Kabid pelayanan dan pencegahan, dr Rahmat S di Tembilahan, Jumat.

Keseluruhan kasus tersebut lanjut Rahmat, merupakan pasien yang dirujuk dari seluruh pusat Kesehatan (Puskesmas) di Kabupaten Inhil, juga berdasarkan laporan langsung dari rumah sakit.

Ia menyebutkan, dari jumlah 199 orang yang positif terjangkit DBD, mayoritas diderita oleh anak-anak.

Hal ini diduga karena, kurangnya pemahaman anak terkait pentingnya penerapan pola hidup sehat.

Meski demikian, lanjut Rahmat, tidak terdapat korban jiwa atas kasus DBD tersebut dan tidak pula terdapat pasien yang dirujuk ke kota Pekanbaru.

"Masyarakat mengambil langkah cepat dengan mengupayakan agar dilakukan penanganan intensif langsung dari rumah sakit atau puskesmas setempat," ungkapnya.

Rahmat menghimbau khususnya kepada orang tua agar senantiasa memperhatikan dan menjaga kesehatan anak baik di dalam maupun di luar rumah.

Oleh: Adriah Akil