Danlanud Pekanbaru Kantongi Lokasi Titik Api Di TNTN

id danlanud pekanbaru, kantongi lokasi, titik api, di tntn

Danlanud Pekanbaru Kantongi Lokasi Titik Api Di TNTN

Pekanbaru (Antarariau.com) - Danlanud Roesmin Nurjadin menemukan beberapa firespot di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo, Pelalawan.

"Kami sudah temukan beberapa titik koordinat firespot di TNTN Pelalawan salah satunya di S 00 02 39.10" E10136 44.630"," ujar Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi saat Rapat Koordinasi Antisipasi Bencana Karhutla Provinsi Riau 2017 di ruang Kenanga, Kantor Gubernur Riau, Jumat (13/1).

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini kebakaran sudah mulai terjadi, dan diminta agar semua instansi tetap bekerja tanpa menunggu perintah.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa pihaknya juga menemukan kegiatan ilegaloging di daerah Kerumutan Pelalawan.

"Ilegaloging merupakan awal dari pembukaan lahan, saat ini kita sudah dapatkan titik koordinatnya tinggal tunggu tanggal mainnya saja," ujarnya.

Ia juga meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk buka-bukaan tentang semua data kebakaran hutan baik di lahan yang bersengketa ataupun tidak, sehingga bisa mengontrol pencegahannya lebih cepat.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa media harus dikedepankan dalam tindakan pencegahan, adanya sinergitas dengan media membuat bisa menemukan titik yang terbakar sehingga bisa dilakukan penanganan secepatnya.

"Tegakan penegakan hukum, kita nyatakan perang untuk para pembakar hutan," ujarnya.

Oleh: Gebby Fadhila Sari