Sekda Riau: Tidak Ada Titik Api Yang Tidak Bisa Dipadamkan

id sekda riau, tidak ada, titik api, yang tidak, bisa dipadamkan

Sekda Riau: Tidak Ada Titik Api Yang Tidak Bisa Dipadamkan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi menyampaikan bahwa antisipasi serta pencegahan terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan atau Karlahut, di daerah itu pada 2017 akan dilakukan sejak dini dengan berbagai langkah.

"Salah satu langkah utama untuk mencegah Karlahut yaitu berupaya tidak ada satupun titik api yang tidak dapat dipadamkan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi di Pekanbaru, Jumat.

Ia menyebutkan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Riau telah siap dari segi pendanaan, peralatan maupun kebutuhan logistik yang nantinya dibutuhkan saat pencegahan maupun penanganan Karlahut.

"Sedangkan untuk personel, seperti yang telah dijelaskan bapak Danrem tadi, pihak TNI dan Polri juga telah siap untuk bersama-sama menangani Karlahut," katanya.

Ia menjelaskan mengenai pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Karlahut akan dibentuk jika terdapat salah satu daerah menetapkan status siaga.

"Jika kami menerima laporan bahwa minimal satu atau dua daerah yang telah berstatus siaga maka pemerintah Provinsi Riau akan segera membentuk Satgas," jelasnya.

Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat, patroli serta koordinasi dengan seluruh pihak terkait juga akan lebih ditingkatkan.

"Mudah-mudahan dengan semangat kita semua dalam bekerjasama menangani Karlahut ini, mewujudkan Riau bebas asap tidak hanya sekedar harapan tetapi benar-benar terealisasi," katanya.