Sekda Bengkalis Ingatkan Agar Panitia Pilkades Patuhi Jadwal

id sekda bengkalis ingatkan agar panitia pilkades patuhi jadwal

Sekda Bengkalis Ingatkan Agar Panitia Pilkades Patuhi Jadwal

Bengkalis (Antarariau.com)- Untuk Menyukseskan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Arianto mengingatkan agar semua pihak patuh dengan jadwal yang ditetapkan.

Kalau hajatan Pilkades serentak ini ingin sukses, mulai dari panitia, camat, kepala desa harus patuh dengan jadwal ini. Jangan sampai ada yang meleset, kata Plt Sekda Arianto saat memimpin rapat Panitia Pilkades, di lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Jumat (13/1).

Dia meminta seluruh camat untuk menindaklanjuti dengan menggelar rapat koordinasi dengan pemerintahan desa yang bakal melaksanakan pesta demokrasi. Mengingat tahapan-tahapan Pilkades dimulai pada 16 Januari 2017 atau kurang tiga hari lagi.

Pokoknya camat dan aparatur pemerintahan desa harus bekerja cepat, agar tahapan-tahapan yang telah dibuat dapat dilaksanakan secara disiplin, kata dia.

Dijelaksannya, untuk pelaksanaan pilkades serentak tersebut, pemerintah Kabupaten Bengkalis mengalokasikan anggaran pada APBD tahun 2017 sebesar Rp 10 miliar. dan besarnya dana yang diterima setiap desa yang melaksanakan Pilkades, disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah pemilih.

Kita menginginkan pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Bengkalis berjalan lancar, sehingga menjadi percontohan di Provinsi Riau dan tingkat nasional. Untuk itu, lakukan persiapan secara matang, ujar dia.

Selain itu, Arianto juga mengingatkan kepada panitia pelaksana agar dalam penetapan calon kepala desa (kades) jangan didasari like and dislike, tapi benar-benar profesional agar tidak menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk diketahui, sebanyak 96 desa yang bakal melaksanakan Pilkades serentak, tersebut diantaranya, Kecamatan Bengkalis sebanyak 21 desa, Bantan 19 desa, Bukit Batu sebanyak 9 desa, Mandau sebanyak 11 desa, Kecamatan Rupat 8 desa, Rupat Utara sebanyak 4 desa, Siak Kecil 13 desa dan Pinggir sebanyak 9 desa.

Dalam rapat persiapan Pilkades tersebut tampak hadir Plt Asisten Pemerintahan Umi Kalsum, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ismail, Ketua KPU Bengkalis Deftri Akbar, Ketua LAMR Bengkalis Zainudin, Ketua MUI Bengkalis Amrizal, Plt Kasat Pol PP Kusnen, dan camat dari delapan kecamatan se-Kabupaten Bengkalis. (ADV)