Mulai 2017, Pemberangkatan Haji Dumai Sudah Dapat Dilakukan Dari Pekanbaru

id mulai 2017, pemberangkatan haji, dumai sudah, dapat dilakukan, dari pekanbaru

Mulai 2017, Pemberangkatan Haji Dumai Sudah Dapat Dilakukan Dari Pekanbaru

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kepala Seksi Urusan Haji Kementerian Agama Kota Dumai Zakaria menyebutkan, mulai tahun ini pemberangkatan jamaah calon haji dilaksanakan di Pekanbaru Riau, tidak lagi di Batam, Kepulauan Riau.

"Mulai tahun ini pelaksanaan haji Dumai tidak lagi ke Embarkasi Batam, karena Riau sudah punya embarkasi antara di Kota Pekanbaru," kata Zakaria, Jumat.

Menurutnya, pemindahan embarkasi ini sudah dikoordinasikan dengan panitia haji Kemenag Riau, Pemerintah Provinsi Riau, Kemenag Dumai dan Pemkot Dumai untuk teknis persiapan dan pelaksanaan.

Calon haji asal Dumai sebelumnya berangkat ke Embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau menumpangi jasa kapal feri ke Pelabuhan Sekupang Batam, namun nanti akan diantar ke Kota Pekanbaru dengan armada bus.

Karena embarkasi berubah maka jumlah panitia haji, baik dari kemenag maupun pemerintah daerah akan mengalami pengurangan, misalnya, petugas pembimbing dan tim kesehatan.

Pada pemberangkatan tahun 2017, Dumai sudah mendapat kuota sementara dari Kementerian Agama yaitu sebanyak 167 porsi, namun diprediksi saat penetapan final Februari nanti akan naik karena secara nasional meningkat.

Panitia Penyelengraan Haji Kemenag Dumai akan memprioritaskan calon jamaah yang belum berhaji dan tertunda berangkat pada tahun 2016 lalu karena alasan sakit dan lain sebagainya.

"Kuota sementara 167 porsi, dan sebagai perbandingan pada 2016 jamaah kita berjumlah 214 orang. Mudah-mudahan tahun ini meningkat," katanya.

Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau mengatakan, jika Embarkasi Haji Antara telah beroperasi, akan menghemat biaya calon jamaah haji hingga puluhan miliar rupiah.

"Diberlakukannya embarkasi Pekanbaru akan menghemat biaya calon jemaah haji hingga total mencapai Rp25 miliar," kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau Ahmad Supardi di Pekanbaru, 14 November 2016.