Pemkab Inhil Jangkau Desa Terisolir Dengan Program DMIJ

id pemkab inhil, jangkau desa, terisolir dengan, program dmij

Tembilahan (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau membuka hubungan antar desa terisolir di wilayah setempat dengan mencanangkan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) yang dilaksanakan di Kecamatan Pulau Burung.

"Penghargaan dan apresiasi patut saya sampaikan atas terlaksananya kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Inhil ini," kata Bupati Inhil Muhammad Wardan, saat menghadiri peresmian Gebyar DMIJ di Pulau Burung, Selasa.

Pada acara itu bupati Wardan juga membuka tirai peresmian Gebyar DMIJ, tirai peresmian lima Gedung Paud, meninjau pameran dan potensi Desa, serta meresmikan pembangunan program Ibu Kota Kecamatan (IKK) seperti pembangunan jalan serta pembangunan infrastruktur ibukota lainnya.

Bupati Wardan mengatakan, kegiatan pembanguan yang dilaksanakan pemerintah Kecamatan Pulau Burung telah menandingi pelaksanaan kegiatan tingkat nasional.

"Persiapan selama tujuh hari dengan hasil demikian meriah, menunjukan kekompakan dan prestasi yang luar biasa. Semangat dalam wujud kebersamaan seperti inilah yang dibutuhkan untuk menunjang terlaksananya pembangunan di Kabupaten Inhil," ujarnya.

"Alhamdulliah program pelaksanaan kegiatan terlaksana dengan baik dari segi kualitas maupun realisasi fisik yang persentasenya mencapai 100 persen. Dengan kata lain Program DMIJ di Kecamatan Pulau Burung ini sudah terselenggara dengan baik," ungkapnya.

Ia menuturkan, program DMIJ ini merupakan upaya pemerintah daerah membuka atau menggabungkan terisolirnya hubungan antar Desa.

Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan program yang telah dibuat ini tidak lain adalah untuk mencapai tingkat kesejahteraan seluruh masyarakat yang ada di kabupaten Inhil. Alhamdulillah hingga memasuki tahun ke tiga pelaksanaan program berjalan dengan baik dan semoga terus berlanjut.

"Hal ini pula tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat, suatu program tidak akan mampu terlaksana dengan baik tanpa adanya dukungan kerja sama," ujarnya.

Untuk itu, ia mengajak kepada semua untuk senantiasa memelihara dan menjaga apa yang telah dikerjakan bersama-sama supaya benar-benar bermanfaat dalam mencapai tujuan dan kepentingan bersama.

Pada kesempatan yang sama, Camat Pulau Burung M Nazar berharap pembangunan ini dapat berkelanjutan atau bahkan mengalami peningkatan di masa-masa datang.

"Melalui program DMIJ segala bentuk pembangunan fisik maupun non fisik dapat langsung dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

"Tiga tahun berjalan, segala pokok pembangunan yang termasuk kedalam program DMIJ dapat kami nikmati dan Alhamdulillah segala pembangunan yang diprioritaskan pada tahun anggaran 2016 terselenggara dengan baik dengan persentase pembanguan mencapai 100 persen" ujarnya lagi.

Turut Hadir dalam kegiatan, Bunda Paud Kabupaten Inhil Zulaikha Wardan, Ketua DPRD Inhil Dani M Nursalam, anggota DPRD Inhil Edy Sindarang, SKPD serta Camat. (ADV)

Oleh: Adriah Akil