Gubri: Anak Muda Jangan Fokus Jadi PNS

id gubri anak, muda jangan, fokus jadi pns

Gubri: Anak Muda Jangan Fokus Jadi PNS

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengimbau generasi muda tidak lagi berkeinginan untuk datang ke kota kemudian berniat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

"Saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sudah memberi sinyal akan mengurangi satu juta PNS untuk meringankan beban negara," jelasnya.

Lebih jauh ia berharap agar generasi muda untuk mengelola sumber daya perikanan dan kelautan sebagai upaya mengoptimalkan pemanfaatan potensi daerah.

"Pasar untuk bidang perikanan dan kelautan terbuka lebar, hanya bergantung pada kemauan dan keseriusan sumber daya manusianya," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan bahwa letak Provinsi Riau strategis dan menguntungkan serta terdapat banyak peluang yang dapat dimanfaatkan secara optimal dan maksimal, terutama dalam pengembangan sektor perikanan dan kelautan.

Berdasarkan data statistik Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, potensi perikanan dan kelautan di Riau tercatat mampu memproduksi ikan sebanyak 132.000 ton per tahun.

Potensi perikanan air tawar yang meliputi potensi budi daya kolam mencapai hingga 14.000 ton per tahun.

"Contohnya saja di Kabupaten Indragiri Hilir, terdapat seorang pengusaha yang memanfaatkan 200 meter pantai, dan ia mampu memproduksi tiram, kepiting maupun ikan dan hasilnya itu di ekspor ke Singapura," jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya Riau memiliki luas pantai mencapai 2000 kilometer dan rata-rata memiliki kondisi perairan dan tipe pantai yang sama karna berasal dari selat malaka.

"Oleh sebab itu, generasi muda saat ini seharusnya bercita-cita menjadi pengusaha dan memajukan daerahnya," katanya.