Kodim 0314/Inhil Serukan Bertanam 20 Polybag Cabai Untuk Setiap Prajurit

id kodim 0314inhil, serukan bertanam, 20 polybag, cabai untuk, setiap prajurit

Kodim 0314/Inhil Serukan Bertanam 20 Polybag Cabai Untuk Setiap Prajurit

Tembilahan (Antarariau.com) - Anggota Kodim 0314/Inhil menggalakkan penanaman cabai keriting di pekarangan rumah pada wilayah setempat guna mencapai swasembada pangan kedepan.

"Kami memulai dengan pengisian tanah di polybag dan penyemaian bibit cabai rawit dan cabai keriting," kata Dandim 0314/Inhil Letkol Inf J. Hadiyanto, S.I.P lewat surat elektroniknya kepada antara, Senin.

Letkol Inf J. Hadiyanto, S.I.P menjelaskan dengan gerakan menanam cabai di pekarangan rumah ini melalui media tanam Polybag baik bagi lingkungan, karena selain penghijauan, dan memaksimalkan lahan kosong juga bisa menambah peenghasilan keluarga.

"Kami mulai menggalakkannya di lingkungan perkantoran maupun di perumahan prajurit," terang dia.

Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan, dimana saat ini kebutuhan rumah tangga cenderung menggalami kenaikan yang sangat melonjak, seperti cabai dan kebutuhan lainnya.

Untuk itu guna mensiasatinya Dandim 0314/Inhil Letkol Inf J. Hadiyanto, S.I.P mengajak kepada seluruh anggota Kodim 0314/Ihhil untuk menanam cabai dengan menggunakan polybag.

"Minimal 20 polybag setiap perumahan prajurit," perintahnya.

Selain itu, Dandim juga mengajak Prajuritnya menghijaukan pekarangan rumah, hal semacam ini juga agar menjadi sarana pemberian contoh dan motivasi kepada masyarakat, terutama kepada ibu rumah tangga untuk mau berusaha paling tidak untuk meringankan beban ekonomi keluarga.

"Dengan menanam sendiri di pekarangan melalui media tanam seadanya. Kebutuhan bumbu dapur bisa terpenuhi tidak meski membeli," tegasnya.

Ia juga menilai tidak ada ruginya apabila masyarakat mau memanfaatkan pekarangan untuk pertanian.

Selain sebagai penyalur hobby menanam berbagai tanaman seperti sayuran dan lainnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga serta dapat meringankan ekonomi keluarga khususnya untuk sayur-sayuran dan cabai.

"Tidak membeli lagi karena sudah punya tanaman sendiri, sehingga dapat menghemat pengeluaran keuangan rumah tangga," ujarnya mengakhiri.