Waspadai Tindak Kriminal, kapolres Inhil Imbau Masyarakat Aktifkan Siskamling

id waspadai tindak, kriminal kapolres, inhil imbau, masyarakat aktifkan siskamling

Waspadai Tindak Kriminal, kapolres Inhil Imbau Masyarakat Aktifkan Siskamling

Tembilahan (Antarariau.com) - Kapolres Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau meminta kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) sebagai upaya peringatan dini dari berbagai tindak kriminalitas.

"Mengingat tingginya tingkat kejahatan baik pencurian maupun perampokan dengan kekerasan di lingkungan masyarakat dari berbagai macam kasus, kita meminta kepada masyarakat untuk terus meningkatkan dan mengaktifkan kembali siskamling yang ada desa," kata Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung SIK, di Tembilahan, Senin.

Dolifar menjelaskan, berdasarkan laporan, memasuki tahun 2017 tindak kekerasan terus meningkat. Hampir setiap hari fenomena ini terus terjadi, bukan hanya merupakan imbas dari kemiskinan namun juga dipicu oleh faktor lainnya.

Untuk itulah, dia mengharapkan kepada masyarakat agar senantiasa peduli terhadap keamanan di lingkungan sendiri, terpenting untuk mengantisipasi adanya orang asing yang datang berkunjung serta berbagai faktor lainnya yang bisa memicu terjadinya tindak kekerasan.

"Khususnya kepada Rukun Tetangga (RT) harus aktif melakukan pendataan warga baru untuk memudahkan pengawasan," ujarnya.

Diakuinya, perlu disyukuri berbagai pembangunan di daerah-daerah seperti pembangunan jalan sebagai akses penghubung antar daerah, namun perlu pula disadari bahwa hal ini termasuk salah satu faktor pendukung seseorang untuk melakukan aksi dan menjadi rawan kriminalitas.

"masyarakat dalam hal ini, harus mampu mewaspadai hal-hal mencurigakan yang terjadi di sekitarnya," ungkapnya.

Selain itu, hendak pula kita membatasi kesempatan seseorang sehingga bisa mencegah terjadinya tindakan kriminalitas dengan membatasi munculnya kesempatan khususnya pada diri kita sendiri, karena tindakan ini dapat terjadi dimana dan kepada siapa saja.

Oleh: Adriah Akil