Selama 2016, Kunjungan Wisatawan Ke Siak Mencapai 116.500 Orang

id selama 2016, kunjungan wisatawan, ke siak, mencapai 116500 orang

Selama 2016, Kunjungan Wisatawan Ke Siak Mencapai 116.500 Orang

Siak (Antarariau.com) - Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Provinsi Riau, menyampaikan bahwa kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke wilayah setempat pada tahun 2016 adalah sebanyak 116.500 orang.

"Kunjungan wisatawan yang datang ke kabupaten Siak mengalami peningkatan sebesar 9,8 persen dari tahun 2015," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Hendrisan di Siak, Selasa.

Dia mengatakan, pada tahun 2015 kunjungan wisatawan Kabupaten Siak ada sebanyak 105.000 orang, angka tersebut sudah melebihi dari target sebesar 65.000. Katanya lagi Pemda sudah mulai menggalakkan kerja sama dengan tour and travel untuk semakin mempermudah ajang promosi

"Pengunjung yang datang ke Siak masih di dominasi oleh domestik, dan belum seberapa dari mancanegara. Sebagian besar dikarenakan adanya event-event yang di taja oleh pemerintah daerah. Untuk kegiatan berskala internasional belum menunjukkan angka pengunjung yang signifikan," ucapnya di sela-selanya penanaman buah-buahan di halaman mesjid kantor bupati.

Kemudian dia sebutkan, pada tahun ini pemerintah daerah kabupaten Siak memasang target jumlah kunjungan sebanyak 120 ribu jiwa. Namun akan diusahakan bisa capai 180 ribu orang seperti yang pernah dikatakan Wakil Bupati Alfedri saat di sidang paripurna.

Hendrisan optimistis bisa meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara pada tahun 2017 ini, karena daerah setempat sudah mulai menjalin kerja sama dengan Malaka, Malaysia dalam bidang pariwisata olahraga maupun budaya.

"Tahun ini kita lebih fokus untuk menarik wisatawan mancanegara. Untuk itu kami sudah menjajaki kerjasama dengan Malaka. Apalagi Tour De Siak tahun ini akan dibuka hingga Malaka," katanya lagi.

Dia paparkan, bentuk keseriusan Pemkab Siak dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, pada tahun ini ditunjukkan dengan akan dibukanya kembali transportasi feri dari Siak - Malaka.

"Pada tahun ini akan ada penambahan kegiatan seperti pacu jalur dan gasing untuk menarik kunjungan," ucapnya.

Oleh: Nella Marni