Tiga Titik Api Muncul di Rohul, Ini Langkah BPBD Menanganinya

id tiga titik, api muncul, di rohul, ini langkah, bpbd menanganinya

Tiga Titik Api Muncul di Rohul, Ini Langkah BPBD Menanganinya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, Provinsi Riau memetakan tiga titik api yang terdeteksi di wilayah tersebut pada Selasa sore.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Rokan Hulu untuk memetakan tiga titik api yang terdeteksi satelit sore ini," kata Kepala BPBD Rokan Hulu, Aceng Hardiana kepada Antara di Pekanbaru.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi tiga titik api yang mengindikasikan kebakaran lahan di Rokan Hulu Selasa pukul 16.00 WIB. Berdasarkan data BMKG, titik api yang terdeteksi pencitraan Satelit Terra itu terpantau di dua kecamatan.

Sementara itu, berdasarkan data awal BPBD Rokan Hulu, titik api dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen terdeteksi di Desa Cipang Kiri Hilir Kecamatan Rokan IV Koto.

Titik api juga terdeteksi di Hutan Lindung Bukit Suligi, Kecamatan Tandun serta Desa Pauh kecamatan Bonai Darussalam.

"Kita belum tau kondisi kebakarannya seperti apa, karena baru akan diperiksa. Info selanjutnya segera dikabari," jawab Aceng saat ditanya gambaran kebakaran yang terjadi saat ini.

Rokan Hulu menjadi salah satu wilayah dengan potensi kebakaran cukup tinggi pada 2016 lalu. Berdasarkan catatan Antara, wilayah hutan lindung Bukit Suligi merupakan satu dari sekian kebakaran yang cukup sulit dikendalikan saat itu.

BPBD Rokan Hulu sebelumnya telah mengambil langkah pada awal Januari ini guna mengantisipasi kebakaran. Di antaranya adalah memetakan wilayah rawan kebakaran serta mengerahkan mesin pemadam bekerja sama dengan Polsek setempat.

Selain itu, pemerintah Provinsi Riau telah mengambil kebijakan untuk segera melakukan patroli terpadu guna mencegah adanya kebakaran. Upaya itu didukung langsung TNI, Polri, dan instansi terkait.