Kuota Calon Mahasiswa UR Melalui Jalur SNMPTN Cuma 35 Persen

id kuota calon, mahasiswa ur, melalui jalur, snmptn cuma, 35 persen

Kuota Calon Mahasiswa UR Melalui Jalur SNMPTN Cuma 35 Persen

Siak (Antarariau.com) - Kouta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk 2017 di Universitas Riau berkurang dari semula 50 persen, menjadi 35 persen dari total mahasiswa yang diterima di kampus tersebut.

Rektor Universitas Riau Prof. Aras Mulyadi, di Siak, Selasa mengatakan, tahun ini kuota SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di UR menjadi 70 persen dari sebelumnya 80 persen dan seleksi mandiri bertambah 10 persen dari sebelumnya 20 persen.

"Terkait kouta penerimaan di UR sendiri akan ada sedikit perubahan dari sebelumnya, dimana sebelumnya Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) sudah meluncurkan kebijakan baru," katanya usai penanaman bibit pohon di Siak.

Dia katakan, peminat dan peneriman di UR setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada ttahun 2014 kampus ini diminati oleh 43 ribu calon mahasiswa dengan kota penerimaan hanya 3.500 orang. Kemudian tahun 2015 kouta yang diterima naik menjadi 7.048 orang.

"Untuk tahun 2017 ini belum ada kesepakata yang pasti. Bisa saja kouta SMNPTN dan SBMPTN itu 40 persen dan 30 persen atau sama-sama 35 persen," katanya lagi.

Pada jalur SNMPTN ditentukan oleh nilai lapor dan UN siswa, selain itu indeks atau akreditasi dari sekolah juga sebagai penentu berapa orang yang akan masuk dalam seleksi tersebut.

Sebelumnya Menteri Menristekdikti Mohammad Nasir mengatakan bahwa pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2017 berdasarkan sistem kouta.

Sistem kouta yang dimaksud adalah SNMPTN paling sedikit 30 persen, SBMPTN paling sedikit 30 persen dan seleksi mandiri paling banyak 30 persen.

SNMPTN 2017 sendiri akan dimulai pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh pihak sekolah pada Januari hingga 12 Februari. Pendaftaran dilakukan pada 21 Februari hingga 6 Maret. Proses seleksi 16 Maret hingga 15 April dan pengumuman 26 April.

Untuk SBMPTN pendaftaran berbasis komputer dan kertas 11 April hingga 5 Mei. Ujian tertulis pada 16 Mei, ujian keterampilan 17 atau 18 Mei dan pengumuman 13 Juni.

Oleh: Nella Marni